4 Penyebab Utama Nyeri Punggung

Sakit punggung adalah salah satu penyebab paling umum bagi pasien untuk mencari perawatan medis baik dalam perawatan primer maupun gawat darurat. Diperkirakan 200 miliar dolar dihabiskan setiap tahun untuk pengelolaan nyeri punggung. Gangguan ini adalah alasan paling umum untuk kompensasi pekerja dan hilangnya jam kerja dan produktivitas. Ada berbagai macam etiologi potensial untuk populasi orang dewasa dan anak-anak. Etiologinya berbeda-beda bergantung pada populasi pasien, tetapi yang paling umum, mekanis atau non-spesifik.

Tidak semua nyeri punggung merupakan hipertonisitas otot pinggang atau paraspinal. Heuristik berguna, tetapi juga bermasalah. Jika 90 persen nyeri punggung bersifat mekanis, dan antara 12 hingga 33 persen orang mengalami nyeri punggung pada satu waktu, kemungkinan besar ini akan menjadi fokus utama perawatan medis. Bagian belakang mekanis lazim dan dengan insiden besar. Atau, hanya 0,00001 persen (1 dari 100.000 kasus) kasus nyeri punggung yang merupakan tanda bahaya seperti sindrom cauda equina. Dengan hanya berfokus pada etiologi paling umum dan paling berbahaya dari sakit punggung, penyedia layanan kehilangan sebagian besar kasus. Beberapa sumber mengatakan bahwa 30 persen dari nyeri punggung mekanis berasal dari sendi SI, namun sering kali menjadi pemikiran tambahan dalam diagnosis banding. Kasus ankylosing spondylitis tidak terjawab ketika penyedia menganggap nyeri punggung pasien adalah mekanis

Gangguan inflamasi, keganasan, kehamilan, trauma, osteoporosis, kompresi akar saraf, radikulopati, pleksopati, penyakit cakram degeneratif, herniasi diskus, stenosis tulang belakang, disfungsi sendi sakroiliaka, cedera sendi facet, dan infeksi merupakan bagian dari diferensiasi. Membedakan tanda dan gejala nyeri nosiseptif (mekanis) dari nyeri neuropatik (radikulopati) merupakan langkah penting pertama dalam diagnosis nyeri punggung. Tes khusus seperti straight leg raise atau tes Patrick dapat digunakan untuk membantu membedakan asal mula nyeri punggung pasien. Nyeri punggung menyebabkan tingkat kecacatan yang signifikan dan dapat menjadi masalah yang berlanjut dari masa kanak-kanak hingga dewasa. Nyeri punggung merupakan penyebab utama morbiditas dan mortalitas. Sakit punggung kronis juga merupakan penyebab paling umum dari nyeri kronis.

BACA SELENGKAPNYA :  5 PENYEBAB ARTRITIS

Sakit punggung dan kemungkinan akan terus menjadi fokus banyak penyedia karena efeknya yang mendalam pada hari pasien. Fungsi menjadi terganggu, aktivitas sehari-hari diubah untuk mengakomodasi sakit punggung, dan kualitas hidup terganggu. Tidak seperti cedera di hampir semua bagian tubuh lainnya, nyeri punggung (dan cedera kerangka aksial) memengaruhi hampir setiap aspek kehidupan. Tidur terganggu, sulit membungkuk, menggapai atau berbalik, sulit menyetir atau berangkat kerja, mengangkat dan berolahraga menjadi berat, aktivitas yang memicu kecemasan, berjalan ke kamar mandi menjadi tugas. Saat mengalami sakit punggung, sulit untuk memikirkan hal lain. Itu menyertai ke mana pun Anda pergi, dan tidak ada yang lebih Anda diinginkan selain menyingkirkannya.

4 Penyebab Utama Nyeri Punggung

Sakit punggung adalah topik yang luas dengan banyak etiologi potensial yang dipecah terutama dalam empat kategori utama

1. Mekanis: Hal ini paling sering terjadi karena cedera pada tulang belakang, cakram intervertebralis, atau jaringan lunak. Fraktur seperti spondylolisthesis dapat menjadi proses akut atau kronis. Sakit pinggang sering dilabeli sebagai nyeri punggung akut atau ketegangan pada otot quadratus lumborum atau otot paraspinal. Herniasi diskus adalah jenis nyeri punggung traumatis yang umum. Kehamilan juga merupakan penyebab mekanis nyeri punggung.
  2. Degeneratif: Osteoartritis tulang belakang termasuk osteoartritis sendi facet, osteoartritis sendi sakroiliaka, stenosis tulang belakang, dan penyakit cakram degeneratif. Selain itu, patah tulang tekan karena osteoporosis juga merupakan proses degeneratif.
  3. Inflamasi: Hal ini terutama disebabkan oleh spondyloarthropathies inflamasi (seronegatif) seperti ankylosing spondylitis. Sakroiliitis paling sering terlihat. Patofisiologi nyeri punggung tergantung pada etiologinya. Paling sering, ini mungkin merupakan bagian dari proses inflamasi akut.
  4. Onkologis: Hal ini disebabkan oleh lesi litik pada tulang belakang, kanker sumsum, atau fenomena saraf tekan dari lesi yang menempati ruang yang berdekatan. Sering muncul sebagai fraktur patologis.
    Infeksi: Infeksi pada tulang belakang, cakram, abses epidural, atau abses otot / jaringan lunak
BACA SELENGKAPNYA :  Artritis Alergi, Alergi Makanan Penyebab Nyeri

Namun, penting untuk dicatat bahwa banyak gangguan yang tidak berhubungan dengan punggung dapat menyebabkan nyeri yang dirasakan pasien di punggung, seperti kolik bilier, pneumonia, dan penyakit ginjal obstruktif atau infeksius. Oleh karena itu, sangatlah bijaksana untuk tidak mengecualikan proses ini dari diagnosis banding Anda saat mengevaluasi pasien.

BACA SELENGKAPNYA :  5 Gangguan Atritis Yang Paling Sering