Artritis Alergi, Alergi Makanan Penyebab Nyeri

Artritis adalah kondisi medis yang ditandai dengan peradangan pada persendian, yang dapat menyebabkan komplikasi serius pada tulang dan jaringan di sekitar persendian ini. Kondisi ini dapat dipicu atau diperburuk oleh berbagai faktor termasuk Alergi makanan dan obat-obatan tertentu. Dalam kasus radang sendi alergi, sistem kekebalan pasien bereaksi terhadap alergen dengan cara yang sangat spesifik, termasuk menaikkan suhu tubuh untuk melawan infeksi. Namun, respons imunologis ini dapat menyebabkan berbagai komplikasi termasuk artritis reumatoid. Meski banyak penelitian mengungkapkan hal ini, ternyata banyak klinisi masih mengabaikan hal tersebut.

Artritis alergi melibatkan peradangan pada persendian di tangan, pergelangan tangan, dan kaki, tetapi juga dapat memengaruhi bagian tubuh lainnya. Jutaan orang di seluruh dunia menderita rheumatoid arthritis, jumlah yang juga termasuk pasien yang menderita kondisi tersebut karena respon autoimun tubuh mereka terhadap jenis makanan dan obat-obatan tertentu. Artritis alergi dapat menyerang pasien dari segala usia dan jenis kelamin.

Artritis alergi dapat menyebabkan komplikasi serius termasuk menyebabkan carpal tunnel syndrome, peradangan pada mata, paru-paru, pembuluh darah, dan jantung, serta peningkatan risiko stroke dan serangan jantung. Sindrom terowongan karpal melibatkan kompresi saraf di tangan, yang memengaruhi saraf yang bertanggung jawab untuk mengontrol gerakan dan sensasi di tangan. Jika dibiarkan dan tidak diobati, artritis alergi juga dapat menyebabkan kerusakan pada sendi, tulang, tendon, dan tulang rawan. Dalam kasus yang lebih serius, kelainan bentuk pada persendian tidak jarang terjadi.

Alergi Makanan dan Infeksi Virus Pemicu Artritis

Alergi makanan banyak diungkapkan sebagai pemicu muncul gejala artritis. Alergi makanan dicurigai sebagai penyebab artritis bila mnegalami gangguan hipersenistifitas saluran cerna atau alergi sauran cerna seperti mudah mual, nyeri perut, dispepsia, gastritis, konstipaai, bibir kering, sariawan, gusi mudah berdarah, gusi dan gigi sering ngilu kadang berdarah saat gogok gigi, bibir kering, mulut bau bebeda, ildah putih dan kasar,  mudah BAB diare BAB cair atau 3 kali lebih perhari maka alergi makanan patut dipertimbangkan sebagai penyebab artritis

Kekambuhan artirits ternyata bila dicermati bukan sekedar karena alergi makanan yang langsung bereaksi menimbulkan gejala. Saat mengkinsumsi makanan penyebab alergi biasanya gangguannya ringan tetapi saat terkena infeksi virus, flunatau common cold gangguan nyeri semakin meningkat. Hal inilah yang menjelaskan mengapa saat makan tertentu terganggu kadang tidak terganggu.

BACA SELENGKAPNYA :  Terapi Medis Obat Pilihan Untuk Tension Headache

Penyebab

Artritis alergi disebabkan oleh mengkonsumsi jenis makanan dan obat-obatan tertentu, yang memicu respons autoimun dari tubuh, yang menyebabkan radang sendi. Beberapa pasien dengan rheumatoid arthritis mengalami nyeri sendi setelah makan, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan jenis makanan tertentu bukanlah penyebab utama dari kondisi tersebut, melainkan jenis protein tertentu dan zat lain yang ditemukan dalam makanan seperti:

• Ikan laut (Udang, cumi, kerang, ikan asin dll)
  • Telur ayam, ayam
  • Kacang Tanah
  • Keju, butter, yoghurt

Saluran pencernaan manusia adalah yang pertama mengidentifikasi alergen terkait makanan atau obat. Seperti kasus alergi lainnya, sistem kekebalan pasien secara keliru mengidentifikasi protein dan zat lain dalam makanan yang tercantum di atas sebagai penyerang berbahaya. Sistem kekebalan menghasilkan antibodi imunoglobulin E (IgE), yang kemudian akan memulai reaksi berantai yang akan melibatkan peradangan pada persendian.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa gluten dapat memicu rheumatoid arthritis pada beberapa individu.

Selain makanan yang tercantum di atas, berikut ini juga dapat meningkatkan risiko alergi dan rheumatoid arthritis pada pasien:

Faktor genetik, karena ini berarti artritis berjalan dalam keluarga
Jenis Kelamin – Penelitian menegaskan bahwa lebih banyak wanita menderita radang sendi daripada pria karena kondisi ini terkait dengan estrogen, hormon wanita.
Merokok – Perokok lebih rentan terhadap rheumatoid arthritis dan kondisi lain yang melibatkan peradangan.

Gejala Utama

• Pada stadium awal atau bentuk ringan dari artritis reumatoid terkait alergi, sendi pasien yang lebih kecil adalah yang pertama terkena. Penderita sering mengalami nyeri pada persendian pada jari tangan dan kaki.
  • Pada kasus yang lebih parah, peradangan dan gejala lain menyebar ke sendi yang lebih besar seperti pergelangan tangan, siku, bahu, pinggul, lutut, dan pergelangan kaki.

Gejala lainnya termasuk:

• Nyeri dan hangat pada persendian, yang mungkin tampak bengkak atau tidak
  • Kekakuan pada persendian, yang bisa dimulai pada pagi hari dan berlangsung selama berjam-jam
  • Nodul reumatoid, atau benjolan jaringan di bawah kulit lengan, yang terasa kencang saat disentuh
  • Kelelahan
  • Penurunan berat badan
  • Demam

Tidak seperti jenis rheumatoid arthritis lainnya, gejala arthritis alergi biasanya terlihat setelah pasien mengknsumsi makanan atau obat yang menyebabkan atau memperburuk kondisi. Pasien mungkin juga mengalami flare, atau periode aktivitas rematik yang meningkat, karena tubuh bereaksi terhadap alergen.

Seiring waktu, rheumatoid arthritis yang terkait dengan alergi dapat menyebabkan kelainan bentuk pada persendian. Kondisi tersebut juga dapat menyebabkan persendian bergeser dari tempat biasanya.

BACA SELENGKAPNYA :  Rekomendasi Makanan Yang Dihindari dan Yang Dikonsumsi Pada Penderita Artritis Gout

PENANGANAN

• Bila penderita nyeri artritis mengalami hipersensitifitas atau alergi salura cerna seperti mudah mual, nyeri perut, dispepsia, gastritis, konstipaai, bibir kering, sariawan, gisu mudah berdarah, gusi dan gigi sering ngilu, mudah BAB diare BAB cair atau 3 kali lebih perhari maka alergi makanan patut dipertimbangkan sebagai penyebab artritis
  • Infeksi virus ringan seperti common cold atau flu dengan keluhan tenggorok gatal, nyeritenggorok, sering bersin, hidung buntu, nyeri kepala.
  • Untuk mengetahui penyebab alergi makanan bukan dilakukan dengan tes alergi karena keterbatasan tes alergi baik  tes uji kulit, ataupun tes darah
  • Untuk memastikannnya dilakukan eliminasi provokasi makanan. Untuk melakukan ini harus di bawah pengawasan ahli alergi makanan
  • Jika pasien mengamati gejala yang dijelaskan di atas, terutama setelah makan jenis makanan tertentu, dokter akan merekomendasikan tes darah untuk mengukur laju endap darah atau LED. Laju ESR yang tinggi berarti bahwa pasien mengalami peningkatan laju proses inflamasi dalam tubuh. Foto rontgen secara teratur juga dilakukan untuk memantau perkembangan kondisi.
  • Perawatan primer untuk artritis alergi sering kali berasal dari dokter umum (GP), yang kemudian dapat merujuk pasien ke spesialis seperti rheumatologist atau ahli ortopedi.
  • Perawatan biasanya berfokus pada mencegah kondisi berkembang. Pasien biasanya diberi resep obat untuk menekan respons autoimun terhadap alergen, atau untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh artritis. Obat juga dapat diresepkan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada tulang, tulang rawan, ligamen, dan tendon.

• The effect of individualized diet challenges consisting of allergenic foods on TNF-alpha and IL-1beta levels in patients with rheumatoid arthritis. Karatay S, Erdem T, Yildirim K, Melikoglu MA, Ugur M, Cakir E, Akcay F, Senel K. Rheumatology (Oxford). 2004 Nov;43(11):1429-33. doi: 10.1093/rheumatology/keh366. Epub 2004 Aug 10.
  • Food induced (“allergic”) arthritis: clinical and serologic studies.
    Panush RS. J Rheumatol. 1990 Mar;17(3):291-4. PMID: 2332849
  • Food induced (“allergic”) arthritis: inflammatory synovitis in rabbits. Panush RS, Webster EM, Endo LP, Greer JM, Woodard JC. J Rheumatol. 1990 Mar;17(3):285-90. PMID: 2332848
  • Prevention of allergic disease in childhood: clinical and epidemiological aspects of primary and secondary allergy prevention. Halken S.. Pediatr Allergy Immunol. 2004 Jun;15 Suppl 16:4-5, 9-32. doi: 10.1111/j.1399-3038.2004.0148b.x. PMID: 15125698 Review.
  • Food, diets and rheumatoid arthritis. Panush RS. Rev Rhum Mal Osteoartic. 1991 Apr;58(3 ( Pt 2)):35S-42S. PMID: 2057709 Review.
  • Dietary Habits and Nutrition in Rheumatoid Arthritis: Can Diet Influence Disease Development and Clinical Manifestations? Gioia C, Lucchino B, Tarsitano MG, Iannuccelli C, Di Franco M. Nutrients. 2020 May 18;12(5):1456. doi: 10.3390/nu12051456.
  • Consumption of Meat and Dairy Products Is Not Associated with the Risk for Rheumatoid Arthritis among Women: A Population-Based Cohort Study. Sundström B, Ljung L, Di Giuseppe D. Nutrients. 2019 Nov 19;11(11):2825. doi: 10.3390/nu11112825.