September 24, 2022

Epidemiologi dan Angka Kejadian Artritis

Arthritis adalah istilah yang sering digunakan untuk mengartikan gangguan apa pun yang memengaruhi sendi.  Gejala umumnya termasuk nyeri sendi dan kekakuan. Gejala lain mungkin termasuk kemerahan, hangat, bengkak, dan penurunan rentang gerak sendi yang terkena.  Pada beberapa jenis artritis, organ lain juga terpengaruh.  Serangannya bisa bertahap atau tiba-tiba. Gejala artritis biasanya berkembang seiring waktu, tetapi bisa juga muncul secara tiba-tiba. Arthritis paling sering terlihat pada orang dewasa di atas usia 65, tetapi juga dapat berkembang pada anak-anak, remaja, dan dewasa muda. Arthritis lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria dan pada orang yang kelebihan berat badan.

Ada lebih dari 100 jenis artritis.  Bentuk yang paling umum adalah osteoartritis (penyakit sendi degeneratif) dan rheumatoid arthritis. Osteoartritis biasanya terjadi seiring bertambahnya usia dan memengaruhi jari, lutut, dan pinggul. Artritis reumatoid adalah kelainan autoimun yang sering menyerang tangan dan kaki. Jenis lainnya termasuk gout, lupus, fibromyalgia, dan septic arthritis.  Mereka semua adalah jenis penyakit rematik.

Arthritis berasal dari istilah Yunani “penyakit sendi”. Ini didefinisikan sebagai peradangan sendi akut atau kronis yang sering terjadi bersamaan dengan nyeri dan kerusakan struktural.  Artritis tidak sama dengan artralgia, yang mengacu pada nyeri yang terlokalisasi di sendi, terlepas dari asal mula nyeri (yang mungkin atau mungkin tidak disebabkan oleh peradangan sendi). Arthritis mempengaruhi Neanderthal dan Mesir kuno, tetapi baru pada tahun 1886 Dr. John K. Spencer menciptakan istilah “osteoartritis.” Lebih dari 100 jenis radang sendi telah dijelaskan, yang paling umum adalah osteoartritis atau radang sendi degeneratif yang merupakan radang sendi non-inflamasi. Artritis inflamasi dapat terjadi dalam beberapa keadaan, dan inflamasi dapat disebabkan oleh proses autoimun (rheumatoid arthritis, psoriatic arthritis, ankylosing spondylitis, dll.), Inflamasi yang diinduksi deposisi kristal (gout, pseudogout, penyakit kalsium fosfat dasar) atau infeksi (septic arthritis, Lyme’s arthritis). Artritis inflamasi juga dapat menyertai penyakit jaringan ikat autoimun lainnya seperti lupus eritematosus sistemik, sindrom Sjogren, skleroderma, miositis, penyakit radang usus, penyakit celiac, dan sebagainya

BACA SELENGKAPNYA :  Patofisiologi Terkini Nyeri Pinggang atau Low Back Pain

Perawatan mungkin termasuk mengistirahatkan sendi dan bergantian antara mengoleskan es dan panas. Penurunan berat badan dan olahraga juga mungkin berguna. Obat yang direkomendasikan mungkin tergantung pada bentuk arthritis. Ini mungkin termasuk obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan parasetamol (asetaminofen). Dalam beberapa keadaan, penggantian sendi mungkin berguna. Osteoartritis mempengaruhi lebih dari 3,8% orang, sedangkan rheumatoid arthritis mempengaruhi sekitar 0,24% orang. Gout mempengaruhi sekitar 1-2% populasi Barat di beberapa titik dalam hidup mereka. Di Australia sekitar 15% orang terkena, sementara di Amerika Serikat lebih dari 20% menderita sejenis artritis.  Secara keseluruhan, penyakit ini menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia.  Arthritis adalah penyebab umum orang tidak masuk kerja dan dapat mengakibatkan penurunan kualitas hidup. Istilah ini berasal dari arthr- (artinya sendi) dan -itis (artinya peradangan).

Epidemiologi

Artritis sebagian besar merupakan penyakit orang tua, tetapi anak-anak juga dapat terkena penyakit ini.  Arthritis lebih sering terjadi pada wanita daripada pria di segala usia dan mempengaruhi semua ras, kelompok etnis dan budaya. Di Amerika Serikat, survei CDC berdasarkan data dari 2013-2015 menunjukkan 54,4 juta (22,7%) orang dewasa memiliki artritis yang didiagnosis oleh dokter yang dilaporkan sendiri, dan 23,7 juta (43,5% dari mereka yang menderita artritis) memiliki batasan aktivitas akibat artritis (AAAL). ). Dengan populasi yang menua, angka ini diperkirakan akan terus meningkat. Orang dewasa dengan penyakit penyerta, seperti penyakit jantung, diabetes, dan obesitas, terlihat memiliki prevalensi radang sendi yang didiagnosis dokter lebih tinggi dari rata-rata (masing-masing 49,3%, 47,1%, dan 30,6%).

Cacat karena gangguan muskuloskeletal meningkat sebesar 45% dari tahun 1990 sampai 2010. Dari jumlah tersebut, osteoartritis adalah kondisi kesehatan utama yang meningkat paling cepat. Di antara banyak laporan tentang peningkatan prevalensi kondisi muskuloskeletal, data dari Afrika kurang dan diremehkan. Sebuah tinjauan sistematis menilai prevalensi arthritis di Afrika dan termasuk dua puluh penelitian berbasis populasi dan tujuh penelitian berbasis rumah sakit.  Mayoritas penelitian, dua belas, berasal dari Afrika Selatan. Sembilan studi dilakukan dengan baik, sebelas studi berkualitas sedang, dan tujuh studi dilakukan dengan buruk.

BACA SELENGKAPNYA :  Terapi Obat Pilihan Terkini Nyeri Pinggang atau Low Back Pain

Hasil tinjauan sistematis adalah sebagai berikut:

• Rheumatoid arthritis: 0,1% di Aljazair (perkotaan); 0,6% di Republik Demokratik Kongo (pengaturan perkotaan); 2,5% dan 0,07% di perkotaan dan pedesaan di Afrika Selatan masing-masing; 0,3% di Mesir (pedesaan), 0,4% di Lesotho (pedesaan)
  • Osteoartritis: 55,1% di Afrika Selatan (perkotaan); berkisar dari 29,5 hingga 82,7% di Afrika Selatan berusia 65 tahun ke atas
  • Osteoartritis lutut memiliki prevalensi tertinggi dari semua jenis osteoartritis, dengan 33,1% di pedesaan Afrika Selatan
  • Ankylosing spondylitis: 0,1% di Afrika Selatan (pedesaan)
  • Artritis psoriatis: 4,4% di Afrika Selatan (perkotaan)
  • Gout: 0,7% di Afrika Selatan (perkotaan)
  • Artritis idiopatik remaja: 0,3% di Mesir (pengaturan perkotaan)

Lebih dari sepertiga populasi Amerika menderita arthritis pada pencitraan, dan jumlah ini pasti akan meningkat seiring dengan usia populasi rata-rata. Dari artritida, osteoartritis adalah yang paling umum. Antara 19% dan 30% orang dewasa di atas usia 45 tahun menderita osteoartritis lutut, 27% menderita osteoartritis tangan, dan 27% menderita osteoartritis pinggul. Diperkirakan bahwa 40% pria dan 47% wanita akan mengembangkan osteoartritis dalam hidup mereka, dengan insiden meningkat hingga 60% jika mereka memiliki indeks massa tubuh lebih dari 30.

Gout adalah radang sendi inflamasi yang paling umum di Amerika Serikat, mempengaruhi lebih dari 8 juta orang di Amerika Serikat dengan prevalensi 3,9%, dengan prevalensi lebih dari 9% pada individu di atas 60 tahun. Insiden gout lebih dari 45 per 100.000. Khususnya, insiden dan prevalensi gout terus meningkat dengan lebih dari 2 kali lipat peningkatan selama beberapa dekade terakhir.  Prevalensi pseudogout pada populasi orang dewasa adalah antara 4% dan 7% dengan lebih dari separuh pasien menderita artritis lutut.

Artritis reumatoid ditemukan pada sekitar 1% orang Kaukasia, dengan wanita lebih sering terkena daripada pria (risiko seumur hidup 3,6% pada wanita vs 1,7% pada pria).  Serangan penyakit biasanya terjadi pada masa dewasa awal, dengan prevalensi penyakit sebesar 5% pada wanita di atas usia 65 tahun.

Artritis septik biasanya disebabkan oleh penyebaran bakteri pada sendi yang sudah rematik melalui penyebaran hematogen, paling sering dari infeksi kulit atau saluran kemih. Artritis septik memiliki prevalensi 0,01% pada populasi umum dan 0,7% pada penderita artritis reumatoid.