September 24, 2022

Penanganan Obat Medis Terkini Artritis

Arthritis adalah istilah yang sering digunakan untuk mengartikan gangguan apa pun yang memengaruhi sendi.  Gejala umumnya termasuk nyeri sendi dan kekakuan. Gejala lain mungkin termasuk kemerahan, hangat, bengkak, dan penurunan rentang gerak sendi yang terkena.  Pada beberapa jenis artritis, organ lain juga terpengaruh.  Serangannya bisa bertahap atau tiba-tiba.

Ada lebih dari 100 jenis artritis.  Bentuk yang paling umum adalah osteoartritis (penyakit sendi degeneratif) dan rheumatoid arthritis. Osteoartritis biasanya terjadi seiring bertambahnya usia dan memengaruhi jari, lutut, dan pinggul. Artritis reumatoid adalah kelainan autoimun yang sering menyerang tangan dan kaki. Jenis lainnya termasuk gout, lupus, fibromyalgia, dan septic arthritis.  Mereka semua adalah jenis penyakit rematik.

Perawatan mungkin termasuk mengistirahatkan sendi dan bergantian antara mengoleskan es dan panas. Penurunan berat badan dan olahraga juga mungkin berguna. Obat yang direkomendasikan mungkin tergantung pada bentuk arthritis. Ini mungkin termasuk obat pereda nyeri seperti ibuprofen dan parasetamol (asetaminofen). Dalam beberapa keadaan, penggantian sendi mungkin berguna. Osteoartritis mempengaruhi lebih dari 3,8% orang, sedangkan rheumatoid arthritis mempengaruhi sekitar 0,24% orang. Gout mempengaruhi sekitar 1-2% populasi Barat di beberapa titik dalam hidup mereka. Di Australia sekitar 15% orang terkena, sementara di Amerika Serikat lebih dari 20% menderita sejenis artritis.  Secara keseluruhan, penyakit ini menjadi lebih umum seiring bertambahnya usia.  Arthritis adalah penyebab umum orang tidak masuk kerja dan dapat mengakibatkan penurunan kualitas hidup. Istilah ini berasal dari arthr- (artinya sendi) dan -itis (artinya peradangan).

Artritis, 7 Penyakit dan 20 Gangguan Lainnya

Ada beberapa penyakit di mana nyeri sendi adalah yang utama, dan dianggap sebagai ciri utama. Umumnya bila seseorang mengidap “arthritis” itu berarti ia mengidap salah satu penyakit berikut, yang meliputi:

1. Osteoartritis
  2. Artritis reumatoid
  3. Gout dan pseudo-gout
  4. Artritis septik
  5. Spondilitis ankilosa
  6. Artritis idiopatik juvenil
  7. Penyakit Still

Nyeri sendi juga bisa menjadi gejala penyakit lain. Dalam kasus ini, arthritis dianggap sekunder dari penyakit utama; ini termasuk:

1. Psoriasis (Artritis psoriatis)
  2. Artritis reaktif
  3. Sindrom Ehlers – Danlos
  4. Haemochromatosis
  5. Hepatitis
  6. Penyakit Lyme
  7. Penyakit Sjögren
  8. Tiroiditis Hashimoto
  9. Penyakit seliaka
  10. Sensitivitas gluten non-celiac
  11. Penyakit radang usus (termasuk penyakit Crohn dan kolitis ulserativa)
  12. Henoch – Schönlein purpura
  13. Hiperimunoglobulinemia D dengan demam berulang
  14. Sarkoidosis
  15. Penyakit Whipple
  16. Reseptor TNF terkait sindrom periodik
  17. Granulomatosis dengan poliangiitis (dan banyak sindrom vaskulitis lainnya)
  18. Demam mediterania familial
  19. Lupus eritematosus sistemik
  20. Artritis yang tidak berdiferensiasi adalah radang sendi yang tidak sesuai dengan kategori penyakit klinis yang terkenal, kemungkinan merupakan tahap awal dari penyakit rematik yang pasti.
BACA SELENGKAPNYA :  Terapi Medis Obat Pilihan Untuk Tension Headache

Tanda dan gejala

Nyeri, yang dapat bervariasi dalam tingkat keparahan, adalah gejala umum pada hampir semua jenis artritis. Gejala lain termasuk pembengkakan, kekakuan sendi dan nyeri di sekitar sendi. Gangguan rematik seperti lupus dan rheumatoid arthritis dapat memengaruhi organ lain di tubuh, menyebabkan berbagai gejala. Tanda dan Gejala mungkin termasuk:

• Ketidakmampuan untuk menggunakan tangan atau berjalan
  • Kekakuan, yang mungkin lebih buruk di pagi hari, atau setelah digunakan
  • Malaise dan kelelahan
  • Penurunan berat badan
  • Tidur yang buruk
  • Nyeri dan nyeri otot
  • Kelembutan
  • Kesulitan menggerakkan sendi

Hal ini umum terjadi pada arthritis lanjut untuk perubahan sekunder yang signifikan. Misalnya, gejala rematik mungkin menyulitkan seseorang untuk bergerak dan / atau berolahraga, yang dapat menyebabkan efek sekunder, seperti:

• Kelemahan otot
  • Kehilangan fleksibilitas
  • Kebugaran aerobik menurun
  • Perubahan ini, selain gejala utama, dapat berdampak besar pada kualitas hidup.

Gambaran ekstra-artikular penyakit sendi

• Nodul kulit
  • Lesi vaskulitis kulit
  • Limfadenopati
  • Busung
  • Peradangan mata
  • Uretritis
  • Tenosinovitis (efusi selubung tendon)
  • Bursitis (bursa bengkak)
  • Diare
  • Ulserasi orogenital

Pengobatan

• Tidak ada obat yang diketahui baik untuk rheumatoid atau osteoartritis. Pilihan pengobatan bervariasi tergantung pada jenis artritis dan termasuk terapi fisik, perubahan gaya hidup (termasuk olahraga dan pengendalian berat badan), penyangga ortopedi, dan obat-obatan. Operasi penggantian sendi mungkin diperlukan dalam bentuk artritis yang mengikis. Obat dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi yang mengurangi rasa sakit. Selain itu, dengan mengurangi peradangan, kerusakan sendi bisa diperlambat.
  • Terapi fisik Secara umum, penelitian telah menunjukkan bahwa latihan fisik pada sendi yang terkena dapat secara nyata meningkatkan pereda nyeri jangka panjang. Selain itu, latihan sendi rematik dianjurkan untuk menjaga kesehatan sendi tertentu dan tubuh keseluruhan orang tersebut.
  • Penderita artritis dapat memperoleh manfaat dari terapi fisik dan okupasi. Pada arthritis, persendian menjadi kaku dan jangkauan gerakan dapat dibatasi. Terapi fisik telah terbukti secara signifikan meningkatkan fungsi, mengurangi rasa sakit, dan menunda kebutuhan akan intervensi bedah pada kasus-kasus lanjut. Latihan yang diresepkan oleh ahli terapi fisik telah terbukti lebih efektif daripada obat dalam mengobati osteoartritis lutut. Latihan sering kali berfokus pada peningkatan kekuatan otot, daya tahan, dan fleksibilitas. Dalam beberapa kasus, latihan mungkin dirancang untuk melatih keseimbangan. Terapi okupasi dapat membantu aktivitas. Teknologi bantuan adalah alat yang digunakan untuk membantu kecacatan seseorang dengan mengurangi hambatan fisik dengan memperbaiki penggunaan bagian tubuh yang rusak, biasanya setelah diamputasi. Perangkat teknologi bantu dapat disesuaikan dengan pasien atau dibeli secara komersial.
  • Pengobatan
    • Ada beberapa jenis obat yang digunakan untuk pengobatan radang sendi. Perawatan biasanya dimulai dengan obat-obatan yang memiliki efek samping paling sedikit dengan obat lebih lanjut ditambahkan jika tidak cukup efektif.
    • Bergantung pada jenis artritis, obat yang diberikan mungkin berbeda. Misalnya, pengobatan lini pertama untuk osteoartritis adalah acetaminophen (parasetamol) sedangkan untuk arthritis inflamasi melibatkan obat antiinflamasi non steroid (NSAID) seperti ibuprofen. Opioid dan NSAID mungkin kurang dapat ditoleransi. Namun, NSAID topikal mungkin memiliki profil keamanan yang lebih baik daripada NSAID oral. Untuk kasus osteoartritis yang lebih parah, suntikan kortikosteroid intra-artikular juga dapat dipertimbangkan.
    • Obat untuk mengobati rheumatoid arthritis (RA) berkisar dari kortikosteroid hingga antibodi monoklonal yang diberikan secara intravena. Karena sifat autoimun RA, perawatan mungkin termasuk tidak hanya obat penghilang rasa sakit dan obat anti-inflamasi, tetapi juga kategori obat lain yang disebut obat antirematik pemodifikasi penyakit (DMARDs). Pengobatan dengan DMARD dirancang untuk memperlambat perkembangan RA dengan memulai respon imun adaptif, sebagian oleh sel CD4 + T helper (Th), khususnya sel Th17.  Sel Th17 hadir dalam jumlah yang lebih tinggi di lokasi kerusakan tulang pada persendian dan menghasilkan sitokin inflamasi yang terkait dengan peradangan, seperti interleukin-17 (IL-17).
BACA SELENGKAPNYA :  Patofisiologi Terkini Artritis

Sejumlah jenis obat yang berbeda untuk mengobati radang sendi:

• Analgesik, seperti hydrocodone (Vicodin) atau acetaminophen (Tylenol), efektif untuk manajemen nyeri, tetapi tidak membantu mengurangi peradangan.
    Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen (Advil) dan salisilat, membantu mengendalikan rasa sakit dan peradangan. Salisilat dapat mengencerkan darah, jadi harus digunakan dengan sangat hati-hati dengan obat pengencer darah tambahan.
  • Krim mentol atau capsaicin memblokir transmisi sinyal nyeri dari persendian Anda.
  • Imunosupresan seperti prednison atau kortison membantu mengurangi peradangan.
  • Jika Anda menderita RA, dokter Anda mungkin memberi Anda kortikosteroid atau obat antirematik pemodifikasi penyakit (DMARDs), yang menekan sistem kekebalan Anda. Ada juga banyak obat untuk mengobati OA yang tersedia di toko atau dengan resep.
  • Operasi
    • Sejumlah intervensi rheumasurgical telah dimasukkan dalam pengobatan arthritis sejak 1950-an. Operasi artroskopi untuk osteoartritis lutut tidak memberikan manfaat tambahan untuk mengoptimalkan terapi fisik dan medis.
  • Alat bantu adaptif
    • Orang dengan artritis tangan dapat mengalami masalah dengan aktivitas sederhana dari tugas hidup sehari-hari (ADL), seperti memutar kunci atau membuka stoples, karena aktivitas ini bisa merepotkan dan menyakitkan. Ada alat bantu adaptif atau (perangkat bantu (AD)) yang tersedia untuk membantu tugas-tugas ini,  tetapi umumnya lebih mahal daripada produk konvensional dengan fungsi yang sama. Sekarang dimungkinkan untuk bantuan adaptif cetak 3-D, yang telah dirilis sebagai perangkat keras open source untuk mengurangi biaya pasien.  Alat bantu adaptif dapat secara signifikan membantu pasien artritis dan sebagian besar penderita artritis membutuhkan dan menggunakannya.
  • Obat alternatif
    • Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah stimulasi saraf listrik transkutan (TENS) untuk osteoartritis lutut efektif untuk mengendalikan rasa sakit.
    • Terapi laser tingkat rendah dapat dipertimbangkan untuk menghilangkan rasa sakit dan kekakuan yang terkait dengan artritis. [59] Bukti manfaat bersifat tentatif.
    • Terapi medan elektromagnetik berdenyut (PEMFT) memiliki bukti tentatif yang mendukung peningkatan fungsi tetapi tidak ada bukti nyeri yang membaik pada osteoartritis. [61] FDA belum menyetujui PEMFT untuk pengobatan arthritis. Di Kanada, perangkat PEMF dilisensikan secara resmi oleh Health Canada untuk pengobatan nyeri yang terkait dengan kondisi rematik