February 7, 2023

Penanganan Terkini Back Pain atau Sakit Punggung

Sakit punggung adalah salah satu penyebab paling umum bagi pasien untuk mencari perawatan medis baik dalam perawatan primer maupun gawat darurat. Diperkirakan 200 miliar dolar dihabiskan setiap tahun untuk pengelolaan nyeri punggung. Gangguan ini adalah alasan paling umum untuk kompensasi pekerja dan hilangnya jam kerja dan produktivitas. Ada berbagai macam etiologi potensial untuk populasi orang dewasa dan anak-anak. Etiologinya berbeda-beda bergantung pada populasi pasien, tetapi yang paling umum, mekanis atau non-spesifik.

Tidak semua nyeri punggung merupakan hipertonisitas otot pinggang atau paraspinal. Heuristik berguna, tetapi juga bermasalah. Jika 90 persen nyeri punggung bersifat mekanis, dan antara 12 hingga 33 persen orang mengalami nyeri punggung pada satu waktu, kemungkinan besar ini akan menjadi fokus utama perawatan medis. Bagian belakang mekanis lazim dan dengan insiden besar. Atau, hanya 0,00001 persen (1 dari 100.000 kasus) kasus nyeri punggung yang merupakan tanda bahaya seperti sindrom cauda equina. Dengan hanya berfokus pada etiologi paling umum dan paling berbahaya dari sakit punggung, penyedia layanan kehilangan sebagian besar kasus. Beberapa sumber mengatakan bahwa 30 persen dari nyeri punggung mekanis berasal dari sendi SI, namun sering kali menjadi pemikiran tambahan dalam diagnosis banding. Kasus ankylosing spondylitis tidak terjawab ketika penyedia menganggap nyeri punggung pasien adalah mekanis

Gangguan inflamasi, keganasan, kehamilan, trauma, osteoporosis, kompresi akar saraf, radikulopati, pleksopati, penyakit cakram degeneratif, herniasi diskus, stenosis tulang belakang, disfungsi sendi sakroiliaka, cedera sendi facet, dan infeksi merupakan bagian dari diferensiasi. Membedakan tanda dan gejala nyeri nosiseptif (mekanis) dari nyeri neuropatik (radikulopati) merupakan langkah penting pertama dalam diagnosis nyeri punggung. Tes khusus seperti straight leg raise atau tes Patrick dapat digunakan untuk membantu membedakan asal mula nyeri punggung pasien. Nyeri punggung menyebabkan tingkat kecacatan yang signifikan dan dapat menjadi masalah yang berlanjut dari masa kanak-kanak hingga dewasa. Nyeri punggung merupakan penyebab utama morbiditas dan mortalitas. Sakit punggung kronis juga merupakan penyebab paling umum dari nyeri kronis.

Sakit punggung dan kemungkinan akan terus menjadi fokus banyak penyedia karena efeknya yang mendalam pada hari pasien. Fungsi menjadi terganggu, aktivitas sehari-hari diubah untuk mengakomodasi sakit punggung, dan kualitas hidup terganggu. Tidak seperti cedera di hampir semua bagian tubuh lainnya, nyeri punggung (dan cedera kerangka aksial) memengaruhi hampir setiap aspek kehidupan. Tidur terganggu, sulit membungkuk, menggapai atau berbalik, sulit menyetir atau berangkat kerja, mengangkat dan berolahraga menjadi berat, aktivitas yang memicu kecemasan, berjalan ke kamar mandi menjadi tugas. Saat mengalami sakit punggung, sulit untuk memikirkan hal lain. Itu menyertai ke mana pun Anda pergi, dan tidak ada yang lebih Anda diinginkan selain menyingkirkannya.

BACA SELENGKAPNYA :  9 Diagnosis Banding atau Gangguan Yang Mirip Nyeri Punggung Pada Anak

PENANGANAN

• Ada berbagai pengobatan untuk nyeri berdasarkan etiologi, usia, dan kronisitas nyeri punggung. Bukti terbaik pada nyeri punggung orang dewasa menurut ringkasan dokter “Perawatan non-invasif untuk nyeri punggung bawah: keadaan saat ini” yang diterbitkan oleh Agency for Healthcare Research and Quality pada tahun 2016:
  • Dua aspek terpenting dalam penatalaksanaan nyeri punggung adalah identifikasi tanda bahaya yang dapat mengkhawatirkan diagnosis seperti keganasan atau sindrom cauda equina, dan menghentikan perkembangan nyeri kronis dalam keadaan akut. Sangat penting untuk dapat mengevaluasi pasien dari segala usia dan memahami perbedaan unik dalam presentasi pada populasi yang berbeda ini. Mengetahui tanda-tanda khas nyeri punggung seperti kelemahan, inkontinensia usus atau kandung kemih, atau nyeri yang membangunkan pasien dari tidur pada anak-anak dan orang dewasa dapat memandu penyedia untuk melakukan evaluasi dan pengobatan yang tepat. Sebagian besar kasus nyeri punggung sembuh dengan sedikit kesabaran dan waktu.
  • Penatalaksanaan konservatif sering kali mencakup obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti asetaminofen atau NSAID. Relaksan otot, gabapentin, analgesik topikal, dan opioid semuanya berperan dalam pengelolaan nyeri punggung, berdasarkan kasus per kasus. Sebagian besar kasus nyeri punggung bersifat mekanis dan merespons modifikasi aktivitas, istirahat, es, dan panas. Terapi fisik dan latihan penguatan inti juga berperan. Berbagai modalitas terapi telah digunakan untuk mengobati sakit punggung, tetapi yang paling efektif adalah metode McKenzie. Sayangnya, tidak semua nyeri punggung sembuh dengan beberapa sesi terapi fisik. Jika nyeri punggung telah berlangsung lebih dari enam minggu setelah cedera akut, pencitraan sinar-X mungkin diperlukan. Selain itu, MRI tulang belakang torakolumbal mungkin diperlukan untuk membantu mengidentifikasi kemungkinan herniasi diskus atau stenosis tulang belakang.
  • Selain itu, suntikan kortikosteroid, terapi ablatif frekuensi radio, stimulator sumsum tulang belakang, kyphoplasty, unit TENS, dan operasi seperti laminektomi, fusi tulang belakang, atau disektomi adalah pilihan pengobatan yang memungkinkan juga untuk kasus refrakter. Kondisi komorbiditas seperti gangguan depresi mayor atau gangguan penggunaan opioid harus ditangani dan ditangani sepenuhnya untuk membantu meminimalkan efek jangka panjang dari nyeri punggung. Secara terpisah, obesitas memainkan peran penting dalam pengembangan nyeri bak modalitas pengobatan Integratif seperti akupunktur, ti chi, dan yoga juga telah terbukti memiliki efek sedang pada perbaikan nyeri punggung. Studi terbatas telah dilakukan mengenai penggunaan cannabinoid pada nyeri punggung, tetapi mungkin menjadi modalitas pengobatan yang menjanjikan di masa depan.
BACA SELENGKAPNYA :  Tanda dan Gejala Artritis Gout atau Pirai

Pada orang dewasa:

• Untuk nyeri punggung bawah radikuler, intervensi nonfarmakologis seperti olahraga, traksi, dan manipulasi tulang belakang telah menunjukkan beberapa manfaat tetapi memiliki tingkat bukti yang relatif lemah untuk mendukungnya. Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) memiliki bukti manfaat yang moderat. Namun, intervensi farmakologis lain, seperti diazepam dan steroid sistemik, tampaknya tidak memberikan manfaat. [AHRQ, 2016].
  • Untuk nyeri punggung bawah akut atau subakut non-radikuler, asetaminofen tampaknya memiliki bukti yang lemah tidak bermanfaat. Namun, NSAID, panas, dan pelemas otot memiliki bukti sedang untuk keuntungan positif. Pijat memiliki bukti lemah yang cenderung menguntungkan. [AHRQ 2016]
  • Untuk nyeri punggung bawah kronis non-radikuler, terdapat bukti moderat yang mendukung terapi fisik [AHRQ 2016], terutama menggunakan metode McKenzie. [26], [27] Akupunktur juga memiliki bukti kuat yang mendukung manfaatnya pada populasi ini. Tai chi, Yoga, teknik psikologis (seperti biofeedback dan relaksasi progresif), manipulasi tulang belakang, dan rehabilitasi multidisiplin semuanya memiliki bukti lemah yang mengarah pada keuntungan. [AHRQ 2016], [28] Sekolah yang dulu juga memiliki beberapa bukti manfaat. Sejauh manajemen farmakologis dari nyeri punggung bawah kronis, NSAID dan duloxetine menunjukkan manfaat yang berkelanjutan, sementara opioid hanya menunjukkan manfaat jangka pendek. [AHRQ 2016] Gabapentin adalah antikonvulsan yang sangat umum digunakan untuk nyeri kronis; Namun, itu belum menunjukkan manfaat yang signifikan untuk pasien dengan nyeri punggung bawah kronis. [30] Topiramate lebih efektif daripada plasebo.  Anestesi topikal seperti penutup lidokain dan unit stimulasi saraf listrik transkutan (TENS) tampaknya tidak lebih efektif daripada plasebo.
  • Menurut American Pain Society, rujukan bedah harus disediakan untuk pasien dengan nyeri punggung bawah yang berdampak pada kualitas hidup selama lebih dari satu tahun. [34] Namun, terdapat beragam bukti, untuk beberapa prosedur invasif yang paling umum dilakukan seperti terapi injeksi ruang epidural, sendi facet, atau tempat lokal, fusi tulang belakang, atau penggantian diskus lumbal.

Pada anak-anak:

• Dalam pediatri, perawatan untuk nyeri kurang dipelajari. Namun, modifikasi aktivitas, terapi fisik, dan NSAID memiliki dukungan luas sebagai terapi lini pertama.
  • Jika ada penyebab jahat yang mendasari, pengobatan gangguan yang mendasari adalah standar perawatan. Mayoritas spondylolysis dapat dikelola secara konservatif seperti di atas, tetapi beberapa membutuhkan rujukan untuk intervensi bedah. Gejala persisten setelah lebih dari enam bulan terapi konservatif atau spondylolisthesis Grade III atau IV dapat dirujuk ke ahli bedah tulang belakang anak untuk evaluasi lebih lanjut.
  • Pada pasien dengan kifosis Scheuermann, fisik terapi dan latihan terpandu mungkin cukup untuk pasien dengan kelengkungan kurang dari 60 derajat, penyangga dapat ditambahkan untuk pasien dengan kelengkungan kurang dari 70 derajat. Koreksi bedah dapat diindikasikan untuk pasien dengan kelengkungan lebih dari 75 derajat, terutama jika mereka telah gagal dalam tindakan konservatif dan matang secara skelet. Skoliosis 20 derajat atau lebih selama pertumbuhan puncak, skoliosis yang signifikan, kelengkungan progresif, dan skoliosis atipikal semuanya merupakan indikasi untuk rujukan bedah.