Rheumatoid Arthritis Berkaitan Dengan Alergi sebagai Proses Inflamasi Kronis

Rheumatoid Arthritis Berkaitan Dengan Alergi sebagai Proses Inflamasi Kronis

Latar belakang: Kondisi peradangan tingkat rendah, misalnya diabetes tipe 2, telah terbukti berhubungan dengan peningkatan risiko rheumatoid arthritis (RA). Namun, hubungan antara kondisi inflamasi kronis lainnya, misalnya asma, rinitis alergi, dan dermatitis atopik, masih belum jelas.

Database Riset Asuransi Kesehatan Nasional Taiwan digunakan untuk mengumpulkan kohort 170.570 pasien berusia 20 tahun ke atas yang didiagnosis dengan penyakit alergi, termasuk asma, rinitis alergi, atau dermatitis atopik. Sebuah kohort perbandingan 170.238 pasien dibangun dari basis data yang sama, dengan pencocokan frekuensi untuk jenis kelamin, kelompok usia 10 tahun, dan tahun pendaftaran asuransi. Analisis regresi bahaya proporsional Cox dilakukan untuk menilai hubungan antara penyakit alergi dan kejadian RA.

Dari hasil analisa statistik didapatkan hasil Asma (rasio hazard yang disesuaikan [AHR] 1,67, [interval kepercayaan 95% {CI}], 1,32-2,62) dan rinitis alergi (AHR 1,62 [95% CI, 1,33-1,98]) secara signifikan terkait dengan insiden RA. Hubungan ini tetap signifikan bahkan setelah mengeluarkan pasien yang memiliki diagnosis bersamaan dari asma dan rinitis alergi. Pasien dengan lebih dari satu penyakit alergi memiliki peningkatan risiko RA (AHR 1,98 [95% CI, 1,50-2,62]). Analisis subkelompok selanjutnya menunjukkan bahwa pasien wanita paruh baya dan lanjut usia dengan lebih dari satu penyakit alergi menunjukkan risiko tinggi mengembangkan RA.

Dari peneoitian tersebut menunjukkan bahw aterdapat hubungan yang signifikan antara penyakit alergi umum dan kejadian RA ditemukan dalam studi kohort berbasis populasi ini. Temuan ini memberikan dukungan untuk hipotesis bahwa penyakit alergi dan RA mungkin memiliki jalur etiologi yang sama yang mendasari terkait dengan respons inflamasi kronis.

BACA SELENGKAPNYA :  Patogenesis Artritis Reumatoid Berkaitan Dengan Alergi Makanan

• Ning-Sheng Lai 1, Tzung-Yi Tsai, Malcolm Koo, Ming-Chi Lu. Association of rheumatoid arthritis with allergic diseases: A nationwide population-based cohort study. Allergy Asthma Proc. Sep-Oct 2015;36(5):99-103. doi: 10.2500/aap.2015.36.3871
BACA SELENGKAPNYA :  Sakit Kepala dan Alergi Makanan