Sakit Kepala atau Migrain Disebabkan Alergi Makanan

Salah satu pemicu sakit kepala migrain yang paling umum adalah makanan. Tapi ada berbagai makanan yang terkenal bisa memicu migrain dan sakit kepala cluster, serta gejala lainnya. Meskipun hampir semua makanan dapat menjadi pemicu sakit kepala migrain, makanan tertentu yang memicu migrain sering kali sulit dijelaskan karena tidak selalu menyebabkan sakit kepala. Misalnya, makan coklat dapat memicu migrain suatu hari dan bukan pada hari berikutnya. Faktanya, dalam banyak kasus, apa yang disebut pemicu hanya akan menyebabkan migrain sesekali. Tidak ada sajak atau alasan untuk itu.

Sakit kepala alergi makanan berbeda karena setiap kali makanan yang mengganggu dimakan, hal itu menyebabkan reaksi yang, pada beberapa orang, bermanifestasi sebagai sakit kepala. Namun, alergi makanan yang sebenarnya jarang menyebabkan sakit kepala. Dalam kebanyakan kasus, alergi makanan yang sebenarnya parah, menyebabkan reaksi seperti gatal-gatal atau anafilaksis (ketidakmampuan bernapas karena pembengkakan saluran napas).

Penyakit seliaka, misalnya, adalah penyakit autoimun, jadi ini bukan alergi terhadap gluten. Sementara respons imun yang dipicu oleh gluten bagi mereka yang alergi gandum mirip dengan orang dengan penyakit celiac, respons ini hanya terjadi di usus kecil yang merusak lapisan usus.

Sebuah penelitian ilmiah pada 60 pasien migrain menyelesaikan diet eliminasi setelah periode penghentian 5 hari dari diet normal mereka. 52 (87%) dari pasien ini telah menggunakan steroid kontrasepsi oral, tembakau, dan / atau ergotamin masing-masing selama rata-rata 3 tahun, 22 tahun, dan 7,4 tahun. Makanan yang paling umum menyebabkan reaksi adalah gandum (78%), jeruk (65%), telur (45%), teh dan kopi (masing-masing 40%), coklat dan susu (37%) masing-masing), daging sapi (35%), dan jagung, gula tebu, dan ragi (masing-masing 33%). Ketika rata-rata sepuluh makanan biasa dihindari, terjadi penurunan dramatis dalam jumlah sakit kepala per bulan, 85% pasien menjadi bebas sakit kepala. 25% pasien dengan hipertensi menjadi normotensi. Bahan kimia di lingkungan rumah dapat membuat pengujian ini sulit bagi pasien rawat jalan. Mekanisme imunologis dan non-imunologis dapat berperan dalam patogenesis migrain yang disebabkan oleh intoleransi makanan.

Penelitian lain didapatkan 93% dari 88 anak dengan migrain parah yang sering sembuh dengan diet oligoantigenik; makanan penyebab diidentifikasi dengan reintroduksi berurutan, dan peran makanan yang memicu migrain ditetapkan oleh uji coba terkontrol tersamar ganda pada 40 anak. Kebanyakan pasien menanggapi beberapa makanan. Banyak makanan yang terlibat, menunjukkan alergi daripada patogenesis idiosinkratik (metabolik). Gejala terkait yang membaik selain sakit kepala termasuk sakit perut, gangguan perilaku, kejang, asma, dan eksim. Pada sebagian besar pasien yang migrennya diprovokasi oleh faktor-faktor non-spesifik, seperti pukulan di kepala, olahraga, dan lampu berkedip, provokasi ini tidak lagi terjadi saat mereka dalam keadaan mati.

Alergi Makanan dan Infeksi Virus Pemicu Migrain atau Sakit kepala

BACA SELENGKAPNYA :  Fakta Alergi Makanan dan Nyeri Artritis

Alergi makanan banyak diungkapkan sebagai pemicu muncul gejala migrain atau sakit kepala. Alergi makanan dicurigai sebagai penyebab sakit kepala atau migrain bila mengalami gangguan hipersenistifitas saluran cerna atau alergi sauran cerna seperti mudah mual, nyeri perut, dispepsia, gastritis, konstipaai, bibir kering, sariawan, gusi mudah berdarah, gusi dan gigi sering ngilu kadang berdarah saat gogok gigi, bibir kering, mulut bau bebeda, ildah putih dan kasar,  mudah BAB diare BAB cair atau 3 kali lebih perhari maka alergi makanan patut dipertimbangkan sebagai penyebab artritis

Kekambuhan migrain atau sakit kepala ternyata bila dicermati bukan sekedar karena alergi makanan yang langsung bereaksi menimbulkan gejala. Saat mengkonsumsi makanan penyebab alergi biasanya gangguannya ringan tetapi saat terkena infeksi virus, flunatau common cold gangguan nyeri semakin meningkat. Hal inilah yang menjelaskan mengapa saat makan tertentu terganggu kadang tidak terganggu.

Penyebab

Migrain atau sakit kepala disebabkan oleh mengkonsumsi jenis makanan dan obat-obatan tertentu, yang memicu respons autoimun dari tubuh, yang menyebabkan radang sendi. Beberapa pasien dengan rheumatoid arthritis mengalami nyeri sendi setelah makan, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan jenis makanan tertentu bukanlah penyebab utama dari kondisi tersebut, melainkan jenis protein tertentu dan zat lain yang ditemukan dalam makanan seperti:

• Ikan laut (Udang, cumi, kerang, ikan asin dll)
  • Telur ayam, ayam
  • Kacang Tanah
  • Keju, butter, yoghurt

Saluran pencernaan manusia adalah yang pertama mengidentifikasi alergen terkait makanan atau obat. Seperti kasus alergi lainnya, sistem kekebalan pasien secara keliru mengidentifikasi protein dan zat lain dalam makanan yang tercantum di atas sebagai penyerang berbahaya. Sistem kekebalan menghasilkan antibodi imunoglobulin E (IgE), yang kemudian akan memulai reaksi berantai yang akan melibatkan peradangan pada persendian.

Gejala Utama

• Nyeri atau sakit kepala dengan berbagai manifestasi variasinya
  • Pada stadium awal sering mengalami nyeri pada persendian pada jari tangan dan kaki. Pada kasus yang lebih parah, peradangan dan gejala lain menyebar ke sendi yang lebih besar seperti pergelangan tangan, siku, bahu, pinggul, lutut, dan pergelangan kaki.

PENANGANAN

• Bila penderita migrain atau sakit kepala  mengalami hipersensitifitas atau alergi salura cerna seperti mudah mual, nyeri perut, dispepsia, gastritis, konstipaai, bibir kering, sariawan, gisu mudah berdarah, gusi dan gigi sering ngilu, mudah BAB diare BAB cair atau 3 kali lebih perhari maka alergi makanan patut dipertimbangkan sebagai penyebab artritis
  • Infeksi virus ringan seperti common cold atau flu dengan keluhan tenggorok gatal, nyeritenggorok, sering bersin, hidung buntu, nyeri kepala.
  • Untuk mengetahui penyebab alergi makanan bukan dilakukan dengan tes alergi karena keterbatasan tes alergi baik  tes uji kulit, ataupun tes darah
  • Mendiagnosis sakit kepala alergi makanan sangat sulit. Meskipun ada pengujian untuk alergi makanan, pengujian tersebut tidak terlalu akurat memberikan hasil positif palsu sekitar 40 hingga 60 persen.
  • Untuk memastikannnya dilakukan eliminasi provokasi makanan. Untuk melakukan ini harus di bawah pengawasan ahli alergi makanan. Cara untuk mendiagnosis sakit kepala alergi makanan termasuk diet eliminasi atau provokasi  makanan. Diet eliminasi melibatkan penghapusan semua kemungkinan pemicu makanan dari diet dan menambahkannya kembali ke dalam diet satu per satu dan mencatat hasilnya. Ketika pemicu ditemukan, pemicu itu dihilangkan, dan diet eliminasi dilanjutkan untuk menentukan pemicu lainnya.
  • Provokasi  makanan memerlukan peningkatan jumlah makanan yang dianggap sebagai pemicu sampai reaksi terjadi. Jenis tes ini dianggap sebagai cara paling akurat untuk memeriksa alergi makanan.
  • Buku harian makanan adalah cara lain untuk memeriksa pemicu terkait makanan dan merupakan praktik umum di klinik migrain mana pun. Ketika Anda sakit kepala, Anda menuliskan apa yang Anda makan sebelum sakit kepala bersama dengan gejala atau aura yang Anda alami sebelum migrain atau sakit kepala. Ini memudahkan pelacakan makanan dan kombinasi makanan yang mungkin menjadi pemicunya. Buku harian makanan bisa menjadi teman yang sangat baik untuk pengobatan sakit kepala tegang serta pengobatan sakit kepala kronis.
  • Jika pasien mengamati gejala yang dijelaskan di atas, terutama setelah makan jenis makanan tertentu, dokter akan merekomendasikan tes darah untuk mengukur laju endap darah atau LED. Laju ESR yang tinggi berarti bahwa pasien mengalami peningkatan laju proses inflamasi dalam tubuh. Foto rontgen secara teratur juga dilakukan untuk memantau perkembangan kondisi.
BACA SELENGKAPNYA :  Klasifikasi dan Penyebab Sakit Kepala

PENCEGAHAN

• Mencegah sakit kepala alergi makanan bisa sesederhana menghindari makanan pemicu spesifik setelah Anda mengetahui apa pemicunya. Namun beberapa pemicu sulit untuk dihindari karena terdapat pada sebagian besar makanan olahan, hal ini juga dapat membuat pemicu tersebut sulit ditemukan.
  • Jika Anda mengalami kesulitan untuk menemukan makanan pemicu Anda, mungkin sudah waktunya untuk berbicara dengan spesialis sakit kepala di klinik perawatan sakit kepala untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara mencegah sakit kepala yang disebabkan oleh alergi.

• E C Grant. Food allergies and migraine. Lancet. 1979 May 5;1(8123):966-9. doi: 10.1016/s0140-6736(79)91735-5.
  • Ayhan Ozturk,Yildiz Degirmenci, Burcu Tokmak,Abdurrahman Tokmak. Frequency of migraine in patients with allergic rhinitis. Pak J Med Sci. 2013 Apr; 29(2): 528–531.

Clinical Trial Lancet
. 1983 15 Oktober; 2 (8355): 865-9. doi: 10.1016 / s0140-6736 (83) 90866-8.
Apakah alergi makanan akibat migrain? Uji coba terkontrol tersamar ganda dari pengobatan diet oligoantigenik
J Egger, C M Carter, J Wilson, M W Turner, J F Soothill