August 10, 2022

Diagnosis Terkini Osteoartritis

Osteoartritis adalah jenis penyakit sendi yang paling umum, mempengaruhi lebih dari 30 juta orang di Amerika Serikat saja. Ini adalah penyebab utama kecacatan kronis pada orang dewasa yang lebih tua, menghabiskan biaya lebih dari $ 185 miliar AS per tahun. Hal ini dapat dianggap sebagai gangguan degeneratif terutama dengan komponen inflamasi yang timbul dari kerusakan biokimia tulang rawan artikular (hialin) di sendi sinovial. Pandangan saat ini menyatakan bahwa osteoartritis tidak hanya melibatkan tulang rawan artikular tetapi juga seluruh organ sendi, termasuk tulang subkondral dan sinovium.

Osteoartritis (OA, dikenal juga sebagai artritis degeneratif, penyakit degeneratif sendi) adalah kondisi di mana sendi terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi.

Osteoartritis terdiri atas “osteoartritis primer” yang dikenal juga sebagai artritis degeneratif atau penyakit degeneratif sendi, dan “osteoartritis sekunder” yang disebabkan oleh trauma tropisme atau cedera.

Pada sendi, suatu jaringan tulang rawan yang biasa disebut “kartilago” biasanya menutup ujung-ujung tulang penyusun sendi. Suatu lapisan cairan yang disebut cairan sinovial terletak di antara tulang-tulang tersebut dan bertindak sebagai bahan pelumas yang mencegah ujung-ujung tulang tersebut bergesekan dan saling mengikis satu sama lain.

Pada kondisi kekurangan cairan sinovial lapisan kartilago yang menutup ujung tulang akan bergesekan satu sama lain. Gesekan tersebut akan membuat lapisan tersebut semakin tipis dan pada akhirnya akan menimbulkan rasa nyeri.

Osteoartritis (OA) adalah kondisi sendi kronis (tahan lama) yang paling umum. Sendi adalah tempat dua tulang bersatu. Ujung tulang ini ditutupi dengan jaringan pelindung yang disebut tulang rawan. Dengan OA, tulang rawan ini rusak, menyebabkan tulang di dalam sendi bergesekan. Hal ini dapat menyebabkan nyeri, kaku, dan gejala lainnya.

OA paling sering terjadi pada orang tua, meskipun dapat terjadi pada orang dewasa dari segala usia. OA juga disebut penyakit sendi degeneratif, artritis degeneratif, dan artritis keausan. Penyebab utama kecacatan, OA mempengaruhi lebih dari 30 juta pria dan wanita di Amerika Serikat. Berikut semua yang perlu diketahui tentang OA, mulai dari pengobatan hingga pencegahan dan banyak lagi.

BACA SELENGKAPNYA :  Rekomendasi Penanganan Terkini Osteoartritis Tangan

Diagnosis

Osteoartritis biasanya didiagnosis berdasarkan bukti klinis dan radiografi.Tidak ada kelainan laboratorium klinis spesifik yang secara diagnostik terkait dengan osteoartritis.

Para peneliti telah menyelidiki penggunaan antibodi monoklonal, penanda cairan sinovial, dan ikatan silang piridinium kemih (yaitu, produk pemecahan tulang rawan) sebagai indikator osteoartritik.  Tidak ada biomarker tunggal yang terbukti dapat diandalkan untuk diagnosis dan pemantauan, tetapi kombinasi biomarker yang diturunkan dari tulang rawan dan yang diturunkan dari tulang telah digunakan untuk mengidentifikasi subtipe osteoartritis, dengan kemungkinan dampak pada pengobatan.

Kadar reaktan fase akut biasanya dalam kisaran referensi pada pasien dengan osteoartritis. Tingkat sedimentasi eritrosit (LED) biasanya tidak meningkat, meskipun mungkin sedikit meningkat pada kasus artritis inflamasi erosif. Analisis cairan sinovial biasanya menunjukkan jumlah sel darah putih (WBC) di bawah 2000 / µL, dengan dominasi mononuklear..

Studi pencitraan

• Radiografi polos – Metode pencitraan pilihan karena radiograf hemat biaya dan dapat diperoleh dengan mudah dan cepat [5, 8]; di area penahan beban, radiografi dapat menggambarkan hilangnya ruang sendi, serta sklerosis tulang subkondral dan pembentukan kista. Pemindaian tomografi terkomputerisasi (CT) – Jarang digunakan dalam diagnosis osteoartritis primer; Namun, ini dapat digunakan dalam diagnosis malalignment pada sendi patellofemoral atau sendi kaki dan pergelangan kaki. Pencitraan resonansi magnetik (MRI) – Tidak diperlukan pada kebanyakan pasien dengan osteoartritis kecuali jika patologi tambahan yang dapat diperbaiki dengan operasi dicurigai; tidak seperti radiografi, MRI dapat secara langsung memvisualisasikan tulang rawan artikular dan jaringan sendi lainnya (misalnya meniskus, tendon, otot, atau efusi).  Salah satu karakteristik penting dari osteoartritis primer adalah bahwa kelainan yang ditemukan di daerah bantalan beban (yaitu, sangat tertekan) dari sendi yang terkena berbeda dari yang ditemukan di daerah non-bantalan beban. Di area penahan beban, radiograf dapat menggambarkan hilangnya ruang sendi, serta sklerosis tulang subkondral dan pembentukan kista (lihat gambar di bawah). Radiografi ini menunjukkan osteoartritis pinggul kanan, termasuk ditemukannya sklerosis pada aspek superior acetabulum. Seringkali, osteoartritis di pinggul merupakan temuan bilateral, tetapi dapat terjadi secara sepihak pada individu yang memiliki riwayat trauma pinggul sebelumnya yang terbatas pada satu sisi tersebut
  • Ultrasonografi – Tidak ada peran dalam penilaian klinis rutin pasien dengan osteoartritis; Namun, ini sedang diselidiki sebagai alat untuk memantau degenerasi tulang rawan, dan dapat digunakan untuk injeksi sendi yang tidak mudah diakses tanpa pencitraan.
  • Pemindaian tulang – Mungkin membantu dalam diagnosis awal osteoartritis tangan; pemindaian tulang juga dapat membantu membedakan osteoartritis dari osteomielitis, metastasis tulang, dan penyakit tulang metabolik. Pencitraan resonansi magnetik (MRI) dapat menggambarkan banyak karakteristik yang sama dari osteoartritis yang dapat dilakukan dengan radiografi biasa, tetapi hal ini tidak diperlukan pada kebanyakan pasien dengan osteoartritis, kecuali jika patologi tambahan yang mendukung perbaikan bedah dicurigai. Patologi yang dapat dilihat pada MRI meliputi penyempitan sendi, perubahan tulang subkondral, dan osteofit. Tidak seperti radiografi, MRI dapat langsung memvisualisasikan tulang rawan artikular dan jaringan sendi lainnya (misalnya, meniskus, tendon, otot, atau efusi). Computed tomography (CT) jarang digunakan dalam diagnosis osteoartritis primer. Namun, ini dapat digunakan dalam diagnosis malalignment sendi patellofemoral atau sendi kaki dan pergelangan kaki. Saat ini, ultrasonografi tidak berperan dalam penilaian klinis rutin pasien dengan osteoartritis. Namun, ini sedang diselidiki sebagai alat untuk memantau degenerasi tulang rawan, dan dapat digunakan untuk injeksi sendi yang tidak mudah diakses tanpa pencitraan. Pemindaian tulang dapat membantu dalam diagnosis awal osteoartritis tangan.  Pemindaian tulang pada osteoartritis biasanya menghasilkan serapan yang berpola simetris, sangat sedikit meningkat. Sebaliknya, pemindaian tulang seringkali negatif pada tahap awal multiple myeloma, penyebab nyeri tulang pada orang dewasa yang lebih tua yang dapat disalahartikan sebagai osteoartritis. Pemindaian tulang juga dapat membantu membedakan osteoartritis dari osteomielitis dan metastasis tulang.
BACA SELENGKAPNYA :  6 Organ Tubuh Yang Paling Sering Terpengaruh Osteoartritis

Arthrocentesis

• Kehadiran cairan sendi noninflamasi membantu membedakan osteoartritis dari penyebab nyeri sendi lainnya. Temuan cairan sinovial lain yang membantu dalam membedakan osteoartritis dari kondisi lain adalah pewarnaan Gram negatif dan kultur, serta tidak adanya kristal saat cairan dilihat di bawah mikroskop terpolarisasi.
  • Aspirasi sendi diagnostik untuk analisis cairan sinovial dapat membantu menyingkirkan radang sendi inflamasi, infeksi, atau artropati kristal. Kehadiran cairan sendi noninflamasi membantu membedakan osteoartritis dari penyebab nyeri sendi lainnya. Penemuan cairan sinovial lain yang membantu dalam membedakan osteoartritis dari kondisi lain adalah pewarnaan Gram negatif dan kultur, serta tidak adanya kristal saat cairan dilihat di bawah mikroskop terpolarisasi.