Patofisiologi Terkini Artrititis Rematoid

Widodo Judarwanto, Audi Yudasmara

Artritis reumatoid merupakan penyakit autoimun (penyakit yang terjadi pada saat tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri) yang mengakibatkan peradangan sendi dalam jangka waktu yang lama. Penyakit ini menyerang persendian, biasanya mengenai banyak sendi, yang ditandai dengan radang pada membran sinovial dan struktur-struktur sendi serta atrofi otot dan penipisan tulang. Umumnya penyakit ini menyerang pada sendi-sendi bagian jari, pergelangan tangan, bahu, lutut, dan kaki. Pada penderita stadium lanjut akan membuat si penderita tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari dan kualitas hidupnya menurun. Gejala yang lain yaitu berupa demam, nafsu makan menurun, berat badan menurun, lemah dan kurang darah. Diperkirakan kasus RA diderita pada usia di atas 18 tahun dan berkisar 0,1% sampai dengan 0,3% dari jumlah penduduk Indonesia. Patogenesis RA tidak sepenuhnya dipahami. Pemicu eksternal (misalnya, merokok, infeksi, atau trauma) yang memicu reaksi autoimun, menyebabkan hipertrofi sinovial dan peradangan sendi kronis bersama dengan potensi manifestasi ekstra-artikular, diteorikan terjadi pada individu yang rentan secara genetik.

Rheumatoid arthritis (RA) adalah penyakit inflamasi sistemik kronis yang ciri khasnya adalah polyarthritis simetris persisten (sinovitis) yang mempengaruhi tangan dan kaki (lihat gambar di bawah). Namun, setiap sendi yang dibatasi oleh membran sinovial mungkin terlibat, dan keterlibatan organ ekstraartikuler seperti kulit, jantung, paru-paru, dan mata dapat menjadi signifikan. RA diteorikan untuk berkembang ketika individu yang secara genetik rentan mengalami pemicu eksternal (misalnya, merokok, infeksi, atau trauma) yang memicu reaksi autoimun.

Ciri khas dari rheumatoid arthritis (RA) adalah polyarthritis simetris persisten (sinovitis) yang mempengaruhi tangan dan kaki, meskipun setiap sendi yang dibatasi oleh membran sinovial mungkin terlibat. Keterlibatan organ ekstra-artikular seperti kulit, jantung, paru-paru, dan mata bisa menjadi signifikan. (Lihat Presentasi.)

Tidak ada hasil tes laboratorium yang patognomonik untuk RA, tetapi keberadaan antibodi anti-siklik citrullinated protein (ACPA) dan faktor rheumatoid (RF) sangat spesifik untuk kondisi ini.

Perawatan optimal pasien dengan RA memerlukan pendekatan terintegrasi yang mencakup terapi nonfarmakologis dan agen farmakologis seperti obat antirematik modifikasi penyakit nonbiologis dan biologis (DMARDs), obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), analgesik, dan kortikosteroid.

Terapi dini dengan DMARD telah menjadi standar perawatan; tidak hanya dapat memperlambat perkembangan penyakit secara lebih efisien daripada pengobatan kemudian tetapi juga dapat menyebabkan lebih banyak remisi. (Lihat Pengobatan.) Banyak terapi DMARD yang lebih baru, bagaimanapun, bersifat imunosupresif, yang mengarah ke risiko infeksi yang lebih tinggi. Sindrom aktivasi makrofag adalah komplikasi artritis idiopatik remaja (JIA) yang mengancam jiwa yang memerlukan pengobatan segera dengan steroid dan siklosporin dosis tinggi.

BACA SELENGKAPNYA :  Terapi Kedokteran Fisik Dan Rehabilitasi Medis Pada Artritis Reumatoid

Gejala

Penderita RA selalu menunjukkan simtoma ritme sirkadia dari sistem kekebalan neuroindokrin. RA umumnya ditandai dengan adanya beberapa gejala yang berlangsung selama minimal 6 minggu, yaitu:

• Kekakuan pada dan sekitar sendi yang berlangsung sekitar 30-60 menit di pagi hari
  • Bengkak pada 3 atau lebih sendi pada saat yang bersamaan
  • Bengkak dan nyeri umumnya terjadi pada sendi-sendi tangan
  • Bengkak dan nyeri umumnya terjadi dengan pola yang simetris (nyeri pada sendi yang sama di kedua sisi tubuh) dan umumnya menyerang sendi pergelangan tangan
  • Pada tahap yang lebih lanjut, RA dapat dikarakterisasi juga dengan adanya nodul-nodul rheumatoid, konsentrasi rheumatoid factor (RF) yang abnormal dan perubahan radiografi yang meliputi erosi tulang.

Patofisiologi

Hiperplasia sel sinovial dan aktivasi sel endotel adalah kejadian awal dalam proses patologis yang berkembang menjadi peradangan yang tidak terkontrol dan mengakibatkan kerusakan tulang rawan dan tulang. Faktor genetik dan kelainan sistem kekebalan berkontribusi pada penyebaran penyakit.

Sel T CD4, fagosit mononuklear, fibroblas, osteoklas, dan neutrofil memainkan peran seluler utama dalam patofisiologi RA, sedangkan sel B memproduksi autoantibodi (yaitu, faktor reumatoid). Produksi abnormal dari berbagai sitokin, kemokin, dan mediator inflamasi lainnya telah dibuktikan pada pasien dengan RA, termasuk yang berikut ini:

• Faktor nekrosis tumor alfa (TNF-α)
  • Interleukin (IL) -1
  • IL-6
  • IL-8
  • Mengubah faktor pertumbuhan beta (TGF-ß)
  • Faktor pertumbuhan fibroblast (FGF)
  • Faktor pertumbuhan yang diturunkan trombosit (PDGF)

Akhirnya, peradangan dan proliferasi sinovium yang berlebihan (yaitu, pannus) menyebabkan kerusakan berbagai jaringan, termasuk tulang rawan, tulang, tendon, ligamen, dan pembuluh darah. Meskipun struktur artikular adalah tempat utama yang terkena RA, jaringan lain juga terpengaruh.

BACA SELENGKAPNYA :  Terapi Medis Obat Terkini Sakit Kepala Migrain

Sorotan meliputi penjelasan lebih lanjut tentang hubungan antara epitop bersama, merokok dan pembentukan antibodi anticitrullinated protein / peptide, termasuk identifikasi antigen auto citrullinated yang diduga; dan hipotesis yang menghubungkan bakteri mulut sitrulinasi dan pembentukan antibodi anticitrullinated protein / peptide. Pekerjaan penting pada pensinyalan di dalam sel T regulatori telah mengidentifikasi sekuestrasi protein kinase C theta dari sinaps imun sebagai hal penting untuk aktivitas penekan; Paparan TNFα mengganggu kompartementalisasi theta protein kinase C, menjelaskan penghambatan fungsi sel T regulasi. Mikropartikel platelet telah muncul sebagai mediator pro-inflamasi yang penting melalui efek stimulasi pada sinoviosit mirip fibroblast. Mekanisme di mana sinoviosit mirip fibroblast menyerang menjadi dijelaskan, dan penelitian terbaru menunjukkan kapasitas sel-sel ini untuk bermigrasi dari sendi ke sendi, berpotensi menjelaskan evolusi artritis reumatoid klinis.

Terapi biologis yang menargetkan sitokin patogen seperti TNF, IL-1β atau IL-6 telah meningkatkan pengobatan RA. Sayangnya, tidak semua pasien RA merespons terapi biologis saat ini dan respons tidak selalu dipertahankan, menunjukkan bahwa ada pendorong alternatif patogenesis RA yang mungkin berfungsi sebagai target terapeutik yang menjanjikan. Penemuan subset Th17 baru dari sel Th, dan perannya dalam perkembangan penyakit autoimun, telah mengimplikasikan famili proinflamasi IL-12 dan IL-17 dari sitokin dalam patogenesis penyakit RA. Anggota keluarga sitokin ini meningkat dalam darah dan persendian pasien RA dan telah terbukti tetap meningkat pada pasien yang tidak menanggapi kondisi biologis saat ini. Selain itu, sitokin ini telah terbukti berperan dalam kerusakan sendi dan erosi. Subkelas biologi baru yang menargetkan jalur pensinyalan IL-12 dan / atau IL-17 sedang dalam pengembangan.  Peran sel Th17 serta sitokin IL-12 dan IL-17 dalam patogenesis RA sebagai alasan untuk diskusi selanjutnya tentang uji klinis yang sedang berlangsung dan telah selesai dari terapi biologis yang baru muncul yang diarahkan pada IL-12 atau IL -17 pathway inhibition..

• Shah A, St. Clair EW. Rheumatoid Arthritis. In: Kasper DL, Fauci AS, Hauser SL, Longo DL, Jameson JL, Loscalzo J, Eds. Harrison’s Principles of Internal Medicine. 19th ed. New York, NY: McGraw-Hill Education; 2016.
  • Daniel E. Furstcorr,  Paul Emery. Rheumatoid arthritis pathophysiology: update on emerging cytokine and cytokine-associated cell targets. Rheumatology (Oxford). 2014 Sep; 53(9): 1560–1569.