Patogenesis Artritis Reumatoid Berkaitan Dengan Alergi Makanan

Widodo Judarwanto, Audi Yudhasmara

Artritis reumatoid (RA) adalah penyakit autoimun yang sangat rumit dengan hiperplasia sinovial dan tulang rawan serta kerusakan tulang. Patogenesis RA berkorelasi dengan alergi makanan dan alergen mana yang relevan.  Penelitian menunjukkan bahwa patogenesis RA berkorelasi erat dengan peningkatan antibodi spesifik telur atau susu.

Peneliti menggunakan kolagen tipe-II (CII) untuk menginduksi model arthritis (arthritis yang diinduksi kolagen, CIA) pada tikus Wistar, dan per

kembangan arthritis dievaluasi sesuai dengan sistem penilaian. Kadar sitokin proinflamasi dalam plasma diukur dengan enzyme-linked immunosorbent assay (ELISA), dan konsentrasi kompleks imun yang bersirkulasi (CIC) dianalisis dengan metode fase padat C1q. Selanjutnya, tingkat imunoglobulin G (IgG) dan imunoglobulin E (IgE) khusus makanan ditentukan dalam model CIA. Penelitian tersebut menemukan bahwa tingkat tumor necrosis factor-alpha (TNF-a), interleukin (IL) -1, IL-6, dan IL-17, serta CIC, meningkat secara signifikan. Selain itu, konsentrasi IgG dan IgE spesifik susu atau telur meningkat secara mencolok pada tikus CIA.

Artritis reumatoid

Artritis reumatoid merupakan penyakit autoimun (penyakit yang terjadi pada saat tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri) yang mengakibatkan peradangan sendi dalam jangka waktu yang lama. Penyakit ini menyerang persendian, biasanya mengenai banyak sendi, yang ditandai dengan radang pada membran sinovial dan struktur-struktur sendi serta atrofi otot dan penipisan tulang. Umumnya penyakit ini menyerang pada sendi-sendi bagian jari, pergelangan tangan, bahu, lutut, dan kaki. Pada penderita stadium lanjut akan membuat si penderita tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari dan kualitas hidupnya menurun. Gejala yang lain yaitu berupa demam, nafsu makan menurun, berat badan menurun, lemah dan kurang darah. Diperkirakan kasus RA diderita pada usia di atas 18 tahun dan berkisar 0,1% sampai dengan 0,3% dari jumlah penduduk Indonesia.

Artritis reumatoid (RA) adalah penyakit autoimun kronis dari etiologi multifaktorial yang ditandai dengan hiperplasia sinovial; produksi autoantibody; tulang rawan dan kerusakan tulang dan malformasi sendi; dan fitur sistemik, termasuk gangguan kardiovaskular, paru, psikologis, dan tulang. Prevalensi RA adalah antara 0,3% dan 1% pada populasi umum.

Baik studi klinis dan eksperimental telah mengidentifikasi osteoklas sebagai tipe sel utama yang memediasi kehilangan tulang pada RA. Secara histologis, RA sinovium ditandai dengan hiperplasia sel lapisan sinovial dan infiltrasi sinovium jauh ke lapisan lapisan oleh limfosit, makrofag teraktivasi, sel plasma, dan jenis sel lainnya, dan disertai dengan neovaskularisasi intens. Mediator inflamasi yang dilepaskan oleh sel-sel di sinovium dan pannus invasif berkontribusi pada kerusakan tulang rawan dan jaringan tulang.

Patogenesis Artritis Reumatoid Berkaitan Dengan Alergi Makanan

Patogenesis RA rumit dan sulit dipahami. Hal ini dianggap melibatkan faktor genetik dan eksternal,  faktor gaya hidup, agen infeksi, eksposur pekerjaan, dan hidup jangka panjang dengan hewan peliharaan. Respons klinis variabel terhadap terapi saat ini, seperti penghambat faktor nekrosis tumor (TNF), penghambat kostimulasi sel T, dan depletor sel B, menunjukkan bahwa penyakit ini heterogen dan mungkin tidak memiliki mekanisme tunggal yang adaptif untuk semua pasien. Penelitian telah menunjukkan bahwa garis keturunan sel T, garis keturunan sel B, autoantibodi seperti antibodi sitrulin anti-siklik, dan jaringan sitokin semuanya berkontribusi pada terjadinya RA. Peningkatan kadar sitokin proinflamasi seperti TNF-α, interleukin (IL) -6, dan IL-33, adalah fitur utama pada pasien RA. Bukti yang berkembang mendukung bahwa TNF-α terutama bertanggung jawab untuk mendorong peradangan dan IL-1 untuk penghancuran tulang rawan dan tulang.

BACA SELENGKAPNYA :  Prognosis dan Komplikasi Nyeri Punggung

Korelasi antara RA dan alergi makanan telah dicurigai sejak 1953, dan kemudian dilaporkan oleh beberapa kelompok. Selain itu, efek pembatasan makanan dalam merawat pasien RA telah diajukan dalam banyak penelitian. Selama beberapa dekade, manipulasi diet, termasuk diet vegetarian atau vegan, vegetarian dan diet Mediterania (biasanya makanan nabati), diet elemen (hipoalergenik, diet buatan bebas protein), dan diet eliminasi (nonallergenic), telah digunakan untuk pasien RA untuk kemungkinan mencegah respons autoimun.  Penjelasan yang mungkin untuk perbaikan RA mungkin melibatkan pengurangan intoleransi makanan, penurunan permeabilitas gastrointestinal, dan keuntungan dari penurunan berat badan dan perubahan asupan substrat untuk produksi prostaglandin. Sampai tahun 2006, Hvatum et al. adalah satu-satunya yang secara intensif menyelidiki imunitas usus pada pasien RA, dan mereka menemukan bahwa ada korelasi positif umum antara RA dan antibodi makanan, terutama dalam hal kelas imunoglobulin M (IgM). Menggunakan CII untuk menginduksi arthritis (artritis yang diinduksi kolagen, CIA) pada tikus, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menyelidiki apakah alergi terhadap makanan “delapan besar” berkorelasi dengan patogenesis RA.

Korelasi antara alergi makanan dan RA

Studi terbaru telah mengenali bahwa reaksi kekebalan usus mungkin terkait dengan peradangan artikular. Mempertimbangkan fakta bahwa IgG adalah antibodi terpenting yang berperan dalam patogenesis RA, dalam penelitian ini kami mengukur aktivitas antibodi IgG terhadap antigen makanan “delapan besar” menggunakan ELISA. Seperti yang ditunjukkan pada Gambar 6i, hasil menunjukkan bahwa kejadian RA lebih terkait dengan IgG spesifik telur atau susu. Selanjutnya, IgE spesifik telur atau susu ditentukan oleh RAST dan peningkatan konsentrasi IgE spesifik (sIgE) yang signifikan diamati pada tikus CIA.

Dalam penelitian yang menggunakan CII, sebuah protein utama dan spesifik yang diisolasi dari tulang rawan artikular, untuk menginduksi model artritis pada tikus. Tingkat keparahan arthritis dievaluasi dengan menilai edema dan erdema kaki, diameter dan volume pergelangan kaki, serta produksi sitokin proinflamasi. Dengan mendeteksi antibodi spesifik makanan dalam serum dari tikus CIA, reaksi silang alergi makanan dan rheumatoid arthritis dapat diamati.

BACA SELENGKAPNYA :  Rekomendasi Penanganan Terkini Osteoartritis Tangan

Model CIA adalah model eksperimental RA yang mapan pada jenis hewan pengerat yang rentan dengan imunisasi dengan CII. Dibandingkan dengan model rematik eksperimental lainnya, CIA terbukti lebih mirip dengan RA manusia dalam hal fitur klinis, histologis, dan imunologi, serta oleh hubungan genetik. Model CIA pada tikus Wistar yang sesuai dan RA diinduksi pada 100% hewan, menunjukkan edema dan / atau erdema kaki yang jelas, dan diameter pergelangan kaki serta volume kaki yang meningkat.

Jumlah TNF-α, IL-1β, dan IL-6 yang diproduksi oleh monosit, makrofag, dan fibroblas sinovial meningkat secara signifikan pada cairan sinovial dan jaringan sendi pasien RA. Sitokin proinflamasi ini ditemukan memainkan peran penting dalam patogenesis dan perkembangan penyakit RA. Penelitian terbaru telah mengungkap bahwa sitokin proinflamasi seperti TNF-α dan IL-1β memainkan peran kunci dalam pengembangan RA, sementara mekanisme yang terkait dengannya tidak jelas. Penelitian itu menemukan bahwa faktor proinflamasi termasuk TNF-α, IL-1, IL-6, dan IL-17 meningkat secara signifikan pada tikus CIA, yang konsisten dengan penelitian sebelumnya.

Pembentukan kompleks imun dan aktivasi sistem komplemen dikenal sebagai ciri RA. Identitas antigen yang dimasukkan ke dalam kompleks imun memberikan informasi bahwa di masa depan dapat memfasilitasi pengembangan diagnosis dan strategi pengobatan untuk penyakit autoimun, dan informasi ini mungkin lebih relevan daripada informasi tentang antigen bebas. Dalam studi ini, kami mengamati bahwa CIC, yang diukur dengan penentuan aktivitas pengikatan C1q, meningkat secara signifikan pada tikus rematik.

Meskipun hubungan antara RA dan alergi makanan telah dicurigai sejak lama, hanya ada sedikit penelitian mengenai topik ini, dan hubungan serta mekanismenya secara rinci masih jauh dari diketahui. Diantaranya, sebagian besar penelitian berfokus pada efek pembatasan diet pada terapi RA. Menurut survei kuesioner, 33,33% pasien RA melaporkan kejengkelan gejala penyakit setelah asupan makanan tertentu. Sebuah studi kasus pada 1 pasien RA menunjukkan bahwa pengecualian susu dan keju dari makanan menghasilkan perbaikan yang nyata dalam sinovitis dan pengurangan kompleks imun, antibodi IgE, dan tingkat pembersihan sel darah merah yang rusak akibat panas. Pada tahun 2006, penyelidikan ekstensif pertama dari antibodi makanan usus pada pasien RA dilakukan; itu menyelidiki lima jenis makanan, yaitu, susu, sereal, telur, ikan, dan daging, sementara penelitian telah memperluas jumlah makanan menjadi delapan jenis. Model RA eksperimental terkenal yang diinduksi oleh CII, menyelidiki antibodi khusus makanan “delapan besar” dalam serum tikus CIA. Hubungan erat antara patogenesis RA dan antibodi spesifik telur atau susu diamati untuk pertama kalinya dalam penelitian tersebut

• Jianjie Li, Hao Yan, He Chen,1 Qiongmei Ji,1 Shengguang Huang, Pingchang Yang, Zhigang Liu, and Bo Yang. The Pathogenesis of Rheumatoid Arthritis is Associated with Milk or Egg Allergy. N Am J Med Sci. 2016 Jan; 8(1): 40–46.
  •  Kaufman W. Food-induced, allergic musculoskeletal syndromes. Ann Allergy. 1953;11:179–84.
  • Lidén M, Kristjánsson G, Valtysdottir S, Venge P, Hällgren R. Self-reported food intolerance and mucosal reactivity after rectal food protein challenge in patients with rheumatoid arthritis. Scand J Rheumatol. 2010;39:292–8
  • Hvatum M, Kanerud L, Hällgren R, Brandtzaeg P. The gut-joint axis: Cross reactive food antibodies in rheumatoid arthritis. Gut. 2006;55:1240–7.
  • Haugen M, Kjeldsen-Kragh J, Nordvåg BY, Førre O. Diet and disease symptoms in rheumatic diseases – Results of a questionnaire based survey. Clin Rheumatol. 1991;10:401–7.