September 24, 2022

Tanda dan Gejala Osteoartritis

Osteoartritis adalah jenis penyakit sendi yang paling umum, mempengaruhi lebih dari 30 juta orang di Amerika Serikat saja. Ini adalah penyebab utama kecacatan kronis pada orang dewasa yang lebih tua, menghabiskan biaya lebih dari $ 185 miliar AS per tahun. Hal ini dapat dianggap sebagai gangguan degeneratif terutama dengan komponen inflamasi yang timbul dari kerusakan biokimia tulang rawan artikular (hialin) di sendi sinovial. Pandangan saat ini menyatakan bahwa osteoartritis tidak hanya melibatkan tulang rawan artikular tetapi juga seluruh organ sendi, termasuk tulang subkondral dan sinovium.

Osteoartritis (OA, dikenal juga sebagai artritis degeneratif, penyakit degeneratif sendi) adalah kondisi di mana sendi terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi.

Osteoartritis terdiri atas “osteoartritis primer” yang dikenal juga sebagai artritis degeneratif atau penyakit degeneratif sendi, dan “osteoartritis sekunder” yang disebabkan oleh trauma tropisme atau cedera.

Pada sendi, suatu jaringan tulang rawan yang biasa disebut “kartilago” biasanya menutup ujung-ujung tulang penyusun sendi. Suatu lapisan cairan yang disebut cairan sinovial terletak di antara tulang-tulang tersebut dan bertindak sebagai bahan pelumas yang mencegah ujung-ujung tulang tersebut bergesekan dan saling mengikis satu sama lain.

Pada kondisi kekurangan cairan sinovial lapisan kartilago yang menutup ujung tulang akan bergesekan satu sama lain. Gesekan tersebut akan membuat lapisan tersebut semakin tipis dan pada akhirnya akan menimbulkan rasa nyeri.

Osteoartritis (OA) adalah kondisi sendi kronis (tahan lama) yang paling umum. Sendi adalah tempat dua tulang bersatu. Ujung tulang ini ditutupi dengan jaringan pelindung yang disebut tulang rawan. Dengan OA, tulang rawan ini rusak, menyebabkan tulang di dalam sendi bergesekan. Hal ini dapat menyebabkan nyeri, kaku, dan gejala lainnya.

OA paling sering terjadi pada orang tua, meskipun dapat terjadi pada orang dewasa dari segala usia. OA juga disebut penyakit sendi degeneratif, artritis degeneratif, dan artritis keausan. Penyebab utama kecacatan, OA mempengaruhi lebih dari 30 juta pria dan wanita di Amerika Serikat. Berikut semua yang perlu Anda ketahui tentang OA, mulai dari pengobatan hingga pencegahan dan banyak lagi.

TANDA DAN GEJALA

Gejala utama penyakit ini

• Rentang gerak dan krepitasi yang berkurang – Sering ada
  • Kekakuan saat istirahat (pembentuk gel) – Dapat berkembang, dengan kekakuan sendi di pagi hari biasanya berlangsung kurang dari 30 menit
    elling
  • Osteoartritis tangan
  • Sendi interphalangeal distal (DIP) paling sering terkena
  • Sendi proksimal interphalangeal (PIP) dan sendi carpometacarpal (cmc) di pangkal ibu jari juga biasanya terlibat.
  • Nodus Heberden, yang mewakili osteofit yang teraba pada sendi DIP, lebih khas pada wanita daripada pria
  • Perubahan inflamasi biasanya tidak ada, kurang terasa, atau tidak diperhatikan
BACA SELENGKAPNYA :  2 Jenis nyeri

OA dapat terjadi pada sendi manapun. Namun, area tubuh yang paling sering terkena termasuk:

• tangan
  • ujung jari
  • lutut
  • pinggul
  • tulang belakang, biasanya di leher atau punggung bawah

Gejala osteoartritis yang paling umum meliputi:

• rasa sakit
  • kelembutan (ketidaknyamanan saat menekan area dengan jari Anda)
  • kekakuan
  • peradangan

Saat OA menjadi lebih lanjut, rasa sakit yang terkait dengannya mungkin menjadi lebih intens. Seiring waktu, pembengkakan pada sendi dan area sekitarnya juga dapat terjadi. Mengenali gejala awal OA dapat membantu Anda mengelola kondisi dengan lebih baik.

Osteoartritis parah

OA adalah kondisi progresif dengan lima tahap, dari 0 sampai 4. Tahap pertama (0) mewakili sendi normal. Tahap 4 menunjukkan OA parah. Tidak semua orang yang mengidap OA akan maju hingga tahap 4. Kondisi ini sering kali stabil jauh sebelum mencapai tahap ini.

Orang dengan OA parah mengalami kehilangan seluruh tulang rawan pada satu atau lebih sendi. Gesekan tulang-ke-tulang yang terkait dengan ini dapat menyebabkan gejala yang parah seperti:

• Meningkatnya pembengkakan dan peradangan. Jumlah cairan sinovial di dalam sendi bisa meningkat. Biasanya, cairan ini membantu mengurangi gesekan saat bergerak. Namun, dalam jumlah yang lebih banyak, dapat menyebabkan pembengkakan sendi. Fragmen tulang rawan yang patah juga dapat mengapung di dalam cairan sinovial, meningkatkan nyeri dan pembengkakan.
  • Meningkatnya rasa sakit. Anda mungkin merasakan sakit saat beraktivitas, tetapi juga saat Anda sedang istirahat. Anda mungkin merasakan peningkatan rasa sakit seiring berjalannya hari, atau lebih banyak pembengkakan pada persendian Anda jika Anda sering menggunakannya sepanjang hari.
  • Rentang gerak berkurang. Anda mungkin tidak bisa bergerak juga, karena kekakuan atau nyeri pada persendian Anda. Ini bisa membuat Anda lebih sulit menikmati aktivitas sehari-hari yang biasanya datang dengan mudah.
  • Ketidakstabilan sendi. Sendi Anda mungkin menjadi kurang stabil. Misalnya, jika Anda menderita OA parah di lutut, Anda mungkin mengalami penguncian (tiba-tiba tidak bisa bergerak). Anda mungkin juga mengalami tekuk (saat lutut Anda keluar), yang dapat menyebabkan jatuh dan cedera.
  • Gejala lainnya. Saat sendi terus rusak, kelemahan otot, taji tulang, dan deformitas sendi juga dapat terjadi.
  • Kerusakan sendi yang disebabkan oleh OA parah tidak dapat disembuhkan, tetapi pengobatan dapat membantu mengurangi gejala. Pelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang osteoartritis lanjut.
BACA SELENGKAPNYA :  Penanganan Terkini Artritis GFout Menurut Rekomendasi American College of Rheumatology

Diagnosa

Osteoartritis biasanya didiagnosis berdasarkan bukti klinis dan radiografi. Tidak ada kelainan laboratorium klinis spesifik yang secara diagnostik terkait dengan osteoartritis.

Studi pencitraan

• Radiografi polos – Metode pencitraan pilihan karena radiograf hemat biaya dan dapat diperoleh dengan mudah dan cepat; di area penahan beban, radiografi dapat menggambarkan hilangnya ruang sendi, serta sklerosis tulang subkondral dan pembentukan kista.
  • Pemindaian tomografi terkomputerisasi (CT) – Jarang digunakan dalam diagnosis osteoartritis primer; Namun, ini dapat digunakan dalam diagnosis malalignment pada sendi patellofemoral atau sendi kaki dan pergelangan kaki.
  • Pencitraan resonansi magnetik (MRI) – Tidak diperlukan pada kebanyakan pasien dengan osteoartritis kecuali jika patologi tambahan yang dapat diperbaiki dengan operasi dicurigai; tidak seperti radiografi, MRI dapat secara langsung memvisualisasikan tulang rawan artikular dan jaringan sendi lainnya (misalnya meniskus, tendon, otot, atau efusi)
  • Ultrasonografi – Tidak ada peran dalam penilaian klinis rutin pasien dengan osteoartritis; Namun, ini sedang diselidiki sebagai alat untuk memantau degenerasi tulang rawan, dan dapat digunakan untuk injeksi sendi yang tidak mudah diakses tanpa pencitraan.
  • Pemindaian tulang – Mungkin membantu dalam diagnosis awal osteoartritis tangan; pemindaian tulang juga dapat membantu membedakan osteoartritis dari osteomielitis, metastasis tulang, dan penyakit tulang metabolik.

Arthrocentesis

Adanya cairan sendi noninflamasi membantu membedakan osteoartritis dari penyebab nyeri sendi lainnya. Temuan cairan sinovial lain yang membantu dalam membedakan osteoartritis dari kondisi lain adalah pewarnaan Gram negatif dan kultur, serta tidak adanya kristal saat cairan dilihat di bawah mikroskop terpolarisasi.

PENANGANAN

Intervensi nonfarmakologis

Landasan terapi osteoartritis, intervensi nonfarmakologis meliputi:

• Pendidikan pasien
  • Panas dan dingin
  • Penurunan berat badan
  • Olahraga

Terapi fisik

• Pelatihan otot (misalnya, penguatan paha depan untuk OA lutut)
  • Pekerjaan yang berhubungan dengan terapi
  • Bongkar pada persendian tertentu (misalnya lutut dan pinggul)

Terapi farmakologis