September 24, 2022

Tanda dan Gejala Artritis Reumatoid

Audi Yudhasmara, Narulita Dewi

Artritis reumatoid merupakan penyakit autoimun (penyakit yang terjadi pada saat tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuhnya sendiri) yang mengakibatkan peradangan sendi dalam jangka waktu yang lama. Penyakit ini menyerang persendian, biasanya mengenai banyak sendi, yang ditandai dengan radang pada membran sinovial dan struktur-struktur sendi serta atrofi otot dan penipisan tulang. Umumnya penyakit ini menyerang pada sendi-sendi bagian jari, pergelangan tangan, bahu, lutut, dan kaki. Pada penderita stadium lanjut akan membuat si penderita tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari dan kualitas hidupnya menurun. Gejala yang lain yaitu berupa demam, nafsu makan menurun, berat badan menurun, lemah dan kurang darah. Diperkirakan kasus RA diderita pada usia di atas 18 tahun dan berkisar 0,1% sampai dengan 0,3% dari jumlah penduduk Indonesia.

Rheumatoid arthritis (RA) adalah penyakit inflamasi sistemik kronis yang ciri khasnya adalah polyarthritis simetris persisten (sinovitis) yang mempengaruhi tangan dan kaki (lihat gambar di bawah). Namun, setiap sendi yang dibatasi oleh membran sinovial mungkin terlibat, dan keterlibatan organ ekstraartikuler seperti kulit, jantung, paru-paru, dan mata dapat menjadi signifikan. RA diteorikan untuk berkembang ketika individu yang secara genetik rentan mengalami pemicu eksternal (misalnya, merokok, infeksi, atau trauma) yang memicu reaksi autoimun.

Ciri khas dari rheumatoid arthritis (RA) adalah polyarthritis simetris persisten (sinovitis) yang mempengaruhi tangan dan kaki, meskipun setiap sendi yang dibatasi oleh membran sinovial mungkin terlibat. Keterlibatan organ ekstra-artikular seperti kulit, jantung, paru-paru, dan mata bisa menjadi signifikan. (Lihat Presentasi.)

Tidak ada hasil tes laboratorium yang patognomonik untuk RA, tetapi keberadaan antibodi anti-siklik citrullinated protein (ACPA) dan faktor rheumatoid (RF) sangat spesifik untuk kondisi ini.

Perawatan optimal pasien dengan RA memerlukan pendekatan terintegrasi yang mencakup terapi nonfarmakologis dan agen farmakologis seperti obat antirematik modifikasi penyakit nonbiologis dan biologis (DMARDs), obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), analgesik, dan kortikosteroid. (Lihat Perawatan dan Pengobatan.)

BACA SELENGKAPNYA :  6 Organ Tubuh Yang Paling Sering Terpengaruh Osteoartritis

Terapi dini dengan DMARD telah menjadi standar perawatan; tidak hanya dapat memperlambat perkembangan penyakit secara lebih efisien daripada pengobatan kemudian tetapi juga dapat menyebabkan lebih banyak remisi. (Lihat Pengobatan.) Banyak terapi DMARD yang lebih baru, bagaimanapun, bersifat imunosupresif, yang mengarah ke risiko infeksi yang lebih tinggi. Sindrom aktivasi makrofag adalah komplikasi artritis idiopatik remaja (JIA) yang mengancam jiwa yang memerlukan pengobatan segera dengan steroid dan siklosporin dosis tinggi.

Gejala

Penderita RA selalu menunjukkan simtoma ritme sirkadia dari sistem kekebalan neuroindokrin. RA umumnya ditandai dengan adanya beberapa gejala yang berlangsung selama minimal 6 minggu, yaitu:

• Kekakuan pada dan sekitar sendi yang berlangsung sekitar 30-60 menit di pagi hari
  • Bengkak pada 3 atau lebih sendi pada saat yang bersamaan
  • Bengkak dan nyeri umumnya terjadi pada sendi-sendi tangan
  • Bengkak dan nyeri umumnya terjadi dengan pola yang simetris (nyeri pada sendi yang sama di kedua sisi tubuh) dan umumnya menyerang sendi pergelangan tangan
  • Pada tahap yang lebih lanjut, RA dapat dikarakterisasi juga dengan adanya nodul-nodul rheumatoid, konsentrasi rheumatoid factor (RF) yang abnormal dan perubahan radiografi yang meliputi erosi tulang.

Pada kebanyakan pasien RA, onsetnya berbahaya, seringkali dimulai dengan demam, malaise, artralgia, dan kelemahan sebelum berlanjut ke peradangan sendi dan pembengkakan.

Tanda dan gejala RA mungkin termasuk yang berikut:

• Poliartritis simetris persisten (sinovitis) tangan dan kaki (fitur ciri khas)
  • Kerusakan artikular progresif
  • Keterlibatan ekstra artikular
  • Kesulitan melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari (ADL)

Gejala konstitusional

Pemeriksaan fisik harus membahas hal-hal berikut:

• Ekstremitas atas (sendi metacarpophalangeal, pergelangan tangan, siku, bahu)
  • Ekstremitas bawah (pergelangan kaki, kaki, lutut, pinggul)
  • Tulang belakang leher

Selama pemeriksaan fisik, penting untuk menilai hal-hal berikut:

• Kekakuan
  • Kelembutan
  • Nyeri saat bergerak
  • Pembengkakan
  • Kelainan bentuk
  • Batasan gerak
  • Manifestasi ekstra artikular
  • Nodul reumatoid
BACA SELENGKAPNYA :  Penyebab dan Faktor Resiko Low Back Pain, Lumbago atau Nyeri Pinggang

Penanda RA yang terdahulu

• ”Rheumatoid Factor” (RF) merupakan antibodi yang sering digunakan dalam diagnosis RA dan sekitar 75% individu yang mengalami RA juga memiliki nilai RF yang positif. Kelemahan RF antara lain karena nilai RF positif juga terdapat pada kondisi penyakit autoimun lainnya, infeksi kronik, dan bahkan terdapat pada 3-5% populasi sehat (terutama individu usia lanjut).
  • Oleh karena itu, adanya penanda spesifik dan sensitif yang timbul pada awal penyakit sangat dibutuhkan. Anti-cyclic citrullinated antibody (anti-CCP antibodi) merupakan penanda baru yang berguna dalam diagnosis RA. Walaupun memiliki keterbatasan, RF tetap banyak digunakan sebagai penanda RA dan penggunaan RF bersama-sama anti-CCP antibodi sangat berguna dalam diagnosis RA.

Anti-CCP IgG

• Anti-CCP IgG merupakan penanda RA yang baru dan banyak digunakan dalam diagnosis kondisi RA. Beberapa kelebihan Anti-CCP IgG dalam kondisi RA antara lain:
  • Anti-CCP IgG dapat timbul jauh sebelum gejala klinik RA muncul. Dengan adanya pengertian bahwa pengobatan sedini mungkin sangat penting untuk mencegah kerusakan sendi, maka penggunaan Anti-CCP IgG untuk diagnosis RA sedini mungkin sangat bermanfaat untuk pengobatan sedini mungkin.
  • Anti-CCP IgG sangat spesifik untuk kondisi RA. Antibodi ini terdeteksi pada 80% individu RA dan memiliki spesifisitas 98%. Antibodi ini juga bersifat spesifik karena dapat membedakan kondisi RA dari penyakit artritis lainnya.
  • Anti-CCP IgG dapat menggambarkan risiko kerusakan sendi lebih lanjut. Individu dengan nilai anti-CCP IgG positif umumnya diperkirakan akan mengalami kerusakan radiologis yang lebih buruk bila dibandingkan individu tanpa anti-CCP IgG.