Terapi Medis Obat Pilihan Untuk Tension Headache

Sakit Kepala Tipe Tegang atau Tension Headache adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sakit kepala kronis tanpa gejala karena disebabkan gejalanya yang kurangnya karakteristik dibandingkan migrain atau sakit kepala cluster. Mekanisme patofisiologis yang pasti masih tidak diketahui, dan ketegangan bukan merupakan faktor yang paling bertanggung jawab. Kontraksi otot leher dan kulit kepala yang juga sudah diajukan sebagai penyebabnya, nyatanya mungkin hanya merupakan fenomena sekunder.

Dalam bentuk klasiknya, Tension type headache adalah gangguan kronis yang dimulai setelah usia 20. hal ini ditandai dengan serangan yang cukup sering (sering kali setiap hari), tidak berdenyut, nyeri kepala oksipital bilateral, tidak berhubungan dengan mual, muntah, atau prodromal visual yang gangguan. Rasa sakit kadang-kadang disamakan dengan rasa ketat seperti terikat pita di sekitar kepala. Umumnya wanita lebih sering terkena daripada pria. Meskipun Tension type headache dan migrain secara tradisional dianggap gangguan yang berbeda, banyak pasien mengalami sakit kepala yang menunjukkan gejala dari keduanya. Contohnya, beberapa pasien yang diklasifikasikan memiliki Tension type headache mengalami sakit kepala berdenyut, nyeri kepala unilateral, atau muntah saat serangan. Karena itu, mungkin lebih akurat untuk melihat ketegangan sakit kepala dan migrain sebagai mewakili kutub berlawanan dari spektrum klinis yang tunggal

International Headache Society (IHS) mulai mengembangkan sistem klasifikasi untuk sakit kepala pada tahun 1985. Sekarang dalam edisi ketiga (versi beta), sistem ini mencakup kategori sakit kepala tipe tegang (TTH), yang selanjutnya didefinisikan sebagai episodik (sering dan jarang) atau kronis. Kategori sakit kepala juga ditentukan oleh apakah berhubungan dengan gangguan otot perikranial.

Sakit Kepala Tipe Tegang atau Tension Headache biasanya dikaitkan dengan peristiwa stres. Jenis sakit kepala ini memiliki intensitas sedang, sembuh sendiri, dan biasanya responsif terhadap obat yang tidak diresepkan.

Tension Headache kronis sering berulang setiap hari dan berhubungan dengan otot leher dan kulit kepala yang berkontraksi. Jenis sakit kepala ini bilateral dan biasanya oksipitofrontal.

Tension Headache kronis adalah jenis nyeri kepala kronis berulang yang paling umum. Di masa lalu, etiologi nyeri dianggap sebagai kontraksi otot dari struktur tengkorak yang sensitif terhadap nyeri, tetapi IHS sengaja meninggalkan istilah sakit kepala kontraksi otot dan sakit kepala tegang karena tidak ada penelitian yang mendukung kontraksi otot sebagai satu-satunya penyebab nyeri.

Sakit kepala terjadi sekitar 1-4% dari semua kunjungan ke gawat darurat (ED) dan merupakan alasan paling umum bagi pasien untuk berkonsultasi dengan dokter. Sakit kepala tipe tegang (TTH) sering terjadi, dengan prevalensi seumur hidup pada populasi umum berkisar antara 30% dan 78% dalam penelitian yang berbeda. Mereka mempengaruhi sekitar 1,4 miliar orang atau 20,8% dari populasi. Yang menjadi perhatian adalah bahwa pada tahun 2010, opioid diberikan pada 35% kunjungan ED untuk sakit kepala dibandingkan dengan triptan, yang diberikan hanya pada 1,5% kunjungan.

BACA SELENGKAPNYA :  Rekomendasi Terapi Terkini Osteoartritis Lutut

TERAPI MEDIS OBAT PILIHAN TENSON HEADACHE

Ada berbagai macam obat yang tersedia untuk mengobati sakit kepala, termasuk pereda nyeri dan obat kombinasi. Pasien harus disarankan untuk menghindari penggunaan berulang pereda nyeri OTC karena ini dapat menyebabkan sakit kepala berlebihan. Opioid atau obat bius harus digunakan dalam TTH ketika opsi yang lebih baik (misalnya, analgesik sederhana dan analgesik kombinasi yang mengandung kafein) tersedia.  Barbiturat dapat digunakan ketika semua pilihan pengobatan lain gagal.

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) Obat golongan ini dapat mengurangi nyeri kepala dengan menghambat sintesis prostaglandin, mengurangi pelepasan serotonin, dan memblokir agregasi platelet. Meskipun efek NSAID dalam pengobatan nyeri kepala cenderung spesifik pada pasien, ibuprofen biasanya merupakan DOC untuk terapi awal. Pilihan lain termasuk naproxen, ketoprofen, dan ketorolac.

• Ibuprofen (Ibuprin, Advil, Motrin)  Biasanya DOC untuk pengobatan sakit kepala ringan sampai sedang, bila tidak ada kontraindikasi.
  • Naproxen (Naprosyn, Naprelan) Untuk menghilangkan nyeri ringan hingga sedang. Menghambat reaksi inflamasi dan nyeri dengan mengurangi aktivitas enzim siklooksigenase, sehingga menghambat sintesis prostaglandin.
  • Ketoprofen (Oruvail, Orudis, Actron)  Deskripsi Untuk menghilangkan nyeri dan pembengkakan ringan sampai sedang. Dosis kecil awalnya diindikasikan pada pasien kecil dan lanjut usia dan pada pasien dengan penyakit ginjal atau hati. Dosis lebih dari 75 mg tidak meningkatkan efek terapeutik. Berikan dosis tinggi dengan hati-hati dan amati pasien untuk respon.
  • Ketorolac (Toradol)  Menghambat sintesis prostaglandin dengan menurunkan aktivitas enzim siklooksigenase, yang mengakibatkan penurunan pembentukan prekursor prostaglandin. Bentuk PO tidak menawarkan keuntungan dibandingkan PO NSAID lain yang lebih murah.
  • Indometasin (Indocin, Indochron E-R) Diserap dengan cepat; metabolisme terjadi di hati dengan demetilasi, deasetilasi, dan konjugasi glukuronida. Berguna dalam diagnosis karena membantu sindrom sakit kepala lainnya (misalnya, hemikrania paroksismal kronis).

Asam asetilsalisilat Obat golongan ini meredakan sakit kepala, mungkin dengan menghambat sintesis prostaglandin.

• Aspirin (Anacin, Ascriptin, Bayer Aspirin, Bufferin) Mengobati nyeri ringan hingga cukup berat. Menghambat sintesis prostaglandin, yang mencegah pembentukan tromboksan A2 yang beragregasi trombosit.

Barbiturat  Agen-agen ini digunakan dalam kombinasi dengan aspirin dan asetaminofen untuk menghilangkan rasa sakit dan untuk menginduksi tidur. Kafein digunakan untuk meningkatkan absorpsi GI-nya. Namun, butalbital dikaitkan dengan sakit kepala rebound. Peningkatan penggunaan sediaan kombinasi ini mungkin gagal meredakan nyeri dan memperburuk gejala sakit kepala.

• Butalbital, aspirin, kafein (Fiorinal) Kombinasi obat yang digunakan untuk meredakan sakit kepala tegang. Komponen barbiturat memiliki efek depresan umum pada SSP.
  • Asetaminofen, butalbital, dan kafein (Fioricet)  Kombinasi obat yang digunakan untuk meredakan sakit kepala tegang. Komponen barbiturat memiliki efek depresan umum pada SSP.
BACA SELENGKAPNYA :  Penyebab dan Faktor Resiko Low Back Pain, Lumbago atau Nyeri Pinggang

Analgesik Pasien dengan sakit kepala yang jarang dapat diobati dengan analgesik sederhana pada awalnya.

• Asetaminofen (Tylenol, Panadol, Anacin Bebas Aspirin) DOC untuk nyeri pada pasien dengan hipersensitivitas yang didokumentasikan terhadap aspirin atau NSAID atau penyakit GI atas atau penggunaan antikoagulan oral.
  • Asetaminofen dengan kodein (Tylenol # 3) Diindikasikan untuk pengobatan sakit kepala ringan sampai sedang.
  • Asetaminofen dan oksikodon (Percocet) Diindikasikan untuk meredakan nyeri yang cukup parah hingga parah. DOC untuk pasien hipersensitif aspirin.

Analgesik / antiemetik atau sedatif  Obat ini berguna untuk menghentikan sakit kepala dan mengobati emesis yang diakibatkan oleh nyeri akut.

• Promethazine (Phenergan) Obat antidopaminergik efektif dalam mengobati emesis. Memblokir reseptor dopaminergik mesolimbik postsynaptic di otak dan mengurangi rangsangan ke sistem retikuler batang otak.
  • Prochlorperazine (Compazine) Dapat meredakan mual dan muntah dengan memblokir reseptor dopamin mesolimbik postsynaptic, melalui efek antikolinergik, dan menekan sistem aktivasi retikuler. Selain efek antiemetik, memiliki keuntungan dalam meningkatkan respons ventilasi hipoksia, bertindak sebagai stimulan pernapasan di ketinggian.
  • Metoclopramide (Reglan) dapat digunakan sebagai alternatif dari prochlorperazine. Studi menunjukkan proklorperazin lebih baik.
  • Metoclopramide (Reglan) Antagonis dopamin yang merangsang pelepasan asetilkolin di pleksus mienterika. Bertindak secara terpusat pada pemicu kemoreseptor di lantai ventrikel keempat, yang menyediakan aktivitas antiemetik penting.

Alkaloid ergot dan turunannya Obat ini adalah vasokonstriktor langsung dari otot polos di pembuluh darah kranial. Aktivitasnya tergantung pada tonus vaskular SSP pada saat pemberian.

• Ergotamine tartrate (Cafergot, Cafatine, Cafetrate) Antagonis alfa-adrenergik dan serotonin. Menyebabkan penyempitan pembuluh darah perifer dan kranial.
  • Dihydroergotamine (D.H.E. 45, Migranal Nasal Spray) Obat penghambat alfa-adrenergik dengan efek stimulasi langsung pada otot polos pembuluh darah perifer dan kranial; menekan pusat vasomotor sentral. Mekanisme kerjanya mirip dengan ergotamine; agonis 5HT1 nonselektif dengan spektrum afinitas reseptor yang luas di luar sistem 5HT1; juga mengikat dopamin. Dengan demikian, memiliki antagonis alfa-adrenergik dan efek antagonis serotonin. Diindikasikan untuk menggugurkan atau mencegah sakit kepala vaskular ketika diperlukan kontrol cepat atau ketika rute pemberian lain tidak memungkinkan. Tersedia dalam sediaan IV atau intranasal, cenderung menyebabkan lebih sedikit vasokonstriksi arteri dibandingkan ergotamin tartrat.