Penelitian Serologis Ungkapkan Hubungan Alergi Makanan dan Artritis

Beberapa penelitian berusaha mengkonfirmasi tentang pasien dengan rheumatoid-like arthritis (RA) dengan sensitivitas susu klinis dan imunologis, untuk menilai prevalensi gejala rematik terkait makanan, dan untuk mengidentifikasi fitur klinis dan serologis dari pasien ini.

Telah diteliti tiga puluh persen pasien dengan RA diduga artritis terkait alergi makanan. Enam belas pasien sekarang telah menyelesaikan 19 studi tantangan makanan terkontrol buta ganda: 3 menunjukkan gejala rematik subjektif dan obyektif setelah buta ganda, tantangan makanan yang dikemas. Ketiganya hampir asimtomatik saat menerima nutrisi unsur atau tidak mengonsumsi makanan yang mengganggu. Salah satunya adalah pasien kami yang sensitif terhadap susu yang mengalami peningkatan IgG4 anti-alpha-lactalbumin, IgG-milk complex, dan menunda reaktivitas kulit dan seluler terhadap susu; satu mengembangkan sinovitis inflamasi setelah konsumsi udang dan telah meningkatkan antishrimp IgG; dan satu lagi adalah perawat unit perawatan jantung (CCU) yang mengalami gejala rematik setelah terpapar nitrat. Semuanya seronegatif dengan gejala palindromik dan penyakit nonerosif. Antifood IgG, G4, A, M, dan E, kompleks imun Ig-food, dan reaktivitas sel in vitro terhadap makanan tidak abnormal pada pasien ini atau pasien lain dengan penyakit rematik.

Sebagian besar pasien yang menduga gejala rematik akibat makanan tidak menunjukkan gejala ini pada blinded challenge, tetapi beberapa menunjukkan gejala tersebut. Mungkin tidak lebih dari 5% pasien penyakit rematik memiliki sensitivitas imunologis terhadap makanan. Pasien tersebut telah diidentifikasi hanya dengan studi tantangan terkontrol. Pengamatan ini menunjukkan peran alergi makanan pada setidaknya beberapa pasien dengan penyakit rematik.

• R S Panush. Food induced (“allergic”) arthritis: clinical and serologic studies. J Rheumatol. 1990 Mar;17(3):291-4.
BACA SELENGKAPNYA :  Fakta Alergi Makanan dan Nyeri Artritis