August 10, 2022

Penanganan Nyeri Cedera Tendon Achilles

Penanganan Nyeri Cedera Tendon Achilles

Narulita Dewi, Sandiaz Yudhasmara

Dua kategori utama obat yang digunakan pada ruptur tendon Achilles dan tendinosis Achilles adalah analgesik (opioid dan nonopioid) dan agen antiinflamasi nonsteroid (NSAID). Pertimbangkan efek samping dan profil pasien saat memilih obat.

Sebagai gantinya, nomenklatur yang ditentukan secara histopatologis berikut telah berkembang:

• Paratenonitis: Ditandai dengan peradangan dan penebalan paratenon, serta adhesi fibrin
  • Tendinosis: Ditandai dengan kekacauan intrasubstansi dan degenerasi tendon
    Tanda dan gejala

Ruptur tendon Pasien dengan ruptur tendon Achilles sering datang dengan keluhan patah tiba-tiba pada betis bagian bawah yang berhubungan dengan nyeri akut dan parah. Pasien melaporkan merasa seperti dia telah ditembak, ditendang, atau dipotong di bagian belakang kaki, yang dapat mengakibatkan ketidakmampuan untuk ambulasi lebih lanjut. Seorang pasien dengan ruptur tendon Achilles tidak akan dapat berdiri dengan jari-jari kakinya di sisi yang sakit.
Tendinosis Tendinosis seringkali tidak menimbulkan rasa sakit. Biasanya, satu-satunya tanda dari kondisi tersebut adalah nodul intratendinous yang dapat diraba yang menyertai tendon saat pergelangan kaki ditempatkan melalui rentang geraknya (ROM).
Paratenonitis Pasien dengan paratenonitis biasanya datang dengan rasa hangat, bengkak, dan nyeri tekan difus yang terlokalisasi 2-6 cm proksimal dari insersi tendon.
Paratenonitis dengan tendinosis Ini didiagnosis pada pasien dengan nyeri terkait aktivitas, serta pembengkakan selubung tendon dan nodularitas tendon.

Acetaminophen dapat menyebabkan kerusakan hati. Opioid dapat menyebabkan gangguan gastrointestinal (GI), konstipasi, dan sedasi serta memiliki potensi adiktif. NSAID dapat menyebabkan gangguan GI dan perdarahan, serta kerusakan ginjal dan gangguan koagulasi. Generasi baru siklo-oksigenase 2 (COX-2) yang menghambat NSAID mungkin memiliki lebih sedikit efek samping. Saat ini, satu-satunya penghambat COX-2 yang tersedia adalah celecoxib.

Dalam kasus paratenonitis kronis, beberapa penulis telah menganjurkan injeksi bupivakain ke dalam selubung untuk mengganggu adhesi. Yang lain menyarankan bahwa 2 mL injeksi saline ke dalam selubung dapat mengangkat paratenon dari tendon dan mengarah pada perbaikan; ini mungkin lebih efektif bila dilakukan dengan panduan ultrasonografi.

BACA SELENGKAPNYA :  Penelitian Serologis Ungkapkan Hubungan Alergi Makanan dan Artritis

Analgesik Kontrol nyeri sangat penting untuk perawatan pasien yang berkualitas. Ini memastikan kenyamanan pasien, mempromosikan toilet paru, dan membantu rejimen terapi fisik. Banyak analgesik memiliki sifat penenang yang menguntungkan pasien yang mengalami trauma.

Acetaminophen (Tylenol, Feverall, Aspirin Free Anacin) Acetaminophen adalah obat pilihan (DOC) untuk nyeri pada pasien dengan hipersensitivitas terhadap aspirin atau NSAID, yang memiliki penyakit GI atas, atau yang menggunakan antikoagulan oral.

• Hidrokodon dan asetaminofen (Vicodin, Lorcet, Lortab, Norco) Kombinasi obat ini diindikasikan untuk nyeri sedang hingga berat.
  • Asetaminofen dan kodein (Tylenol #2, Tylenol #3, Tylenol #4)
  • Kombinasi ini diindikasikan untuk pengobatan nyeri ringan sampai sedang. Kekuatan dosis yang tersedia adalah sebagai berikut:
    • Tylenol #2: 300 mg Tylenol/15 mg kodein
    • Tylenol #3: 300 mg Tylenol/30 mg kodein
    • Tylenol #4: 300 mg Tylenol/60 mg kodein

Obat Anti Inflamasi Nonsteroid NSAID memiliki aktivitas analgesik, antiinflamasi, dan antipiretik. Mekanisme kerjanya tidak diketahui, tetapi dapat menghambat aktivitas siklooksigenase (COX) dan sintesis prostaglandin. Mekanisme lain mungkin ada juga, seperti penghambatan sintesis leukotrien, pelepasan enzim lisosom, aktivitas lipoksigenase, agregasi neutrofil, dan berbagai fungsi membran sel.

• Naproxen (Naprosyn, Aleve, Naprelan, Anaprox) Naproxen digunakan untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang. Ini menghambat reaksi inflamasi dan nyeri dengan menurunkan aktivitas COX, yang menghasilkan penurunan sintesis prostaglandin.
  • Ibuprofen (Motrin, Advil) Ibuprofen adalah DOC untuk pasien dengan nyeri ringan hingga sedang. Ini menghambat reaksi inflamasi dan rasa sakit dengan mengurangi sintesis prostaglandin.
  • Indometasin (Indocin) Indometasin digunakan untuk meredakan nyeri ringan hingga sedang; menghambat reaksi inflamasi dan nyeri dengan menurunkan aktivitas COX, yang mengakibatkan penurunan sintesis prostaglandin.

Diklofenak (Voltaren, Cataflam XR, Zipsor, Cambia) Diklofenak menghambat sintesis prostaglandin dengan menurunkan aktivitas COX, yang selanjutnya menurunkan pembentukan prekursor prostaglandin.

• Ketoprofen Ketoprofen digunakan untuk meredakan nyeri dan peradangan ringan hingga sedang. Dosis kecil diindikasikan awalnya pada pasien kecil, pasien lanjut usia, dan pasien dengan penyakit ginjal atau hati. Dosis lebih tinggi dari 75 mg tidak meningkatkan efek terapeutik. Berikan dosis tinggi dengan hati-hati, dan amati dengan cermat respons pasien.
  • Siklo-Oksigenase 2 Inhibitor Inhibitor COX-2 digunakan untuk mengontrol rasa sakit dan peradangan, terutama dalam kasus-kasus kontraindikasi terhadap anti-inflamasi konvensional. Meskipun peningkatan biaya dapat menjadi faktor negatif, kejadian perdarahan GI yang mahal dan berpotensi fatal jelas lebih sedikit dengan inhibitor COX-2 dibandingkan dengan NSAID tradisional. Analisis yang sedang berlangsung dari penghindaran biaya perdarahan GI akan lebih menentukan populasi yang akan menemukan inhibitor COX-2 yang paling menguntungkan.
  • Celecoxib (Celebrex)

Celecoxib terutama menghambat COX-2, suatu isoenzim yang diinduksi selama nyeri dan rangsangan inflamasi. Penghambatan COX-1 dapat menyebabkan toksisitas NSAID GI, tetapi pada konsentrasi terapeutik, isoenzim COX-1 tidak dihambat dan dengan demikian, toksisitas GI dapat menurun. Carilah dosis celecoxib terendah untuk setiap pasien.

• Patologi tendon Achilles termasuk ruptur dan tendonitis. Ruptur tendon Achilles, gangguan total pada tendon, paling sering diamati pada pasien berusia 30-50 tahun yang tidak memiliki cedera atau masalah sebelumnya pada kaki yang terkena dan biasanya “pejuang akhir pekan” yang aktif sebentar-sebentar.
  • Tendonitis Achilles mengacu pada peradangan tendon atau paratenon, biasanya akibat penggunaan berlebihan yang terkait dengan perubahan permukaan bermain, alas kaki, atau intensitas suatu aktivitas. Banyak ahli sekarang percaya, bagaimanapun, bahwa tendonitis adalah istilah yang menyesatkan yang tidak boleh lagi digunakan, karena tanda-tanda peradangan yang sebenarnya hampir tidak pernah ada pada pemeriksaan histologis. Sebagai gantinya, nomenklatur yang ditentukan secara histopatologis berikut telah berkembang

Penatalaksanaan

Ruptur tendon achilles

• Terapi medis untuk pasien dengan ruptur tendon Achilles terdiri dari istirahat, kontrol nyeri, casting serial, dan rehabilitasi untuk memaksimalkan fungsi. Perdebatan yang sedang berlangsung seputar masalah apakah terapi medis atau bedah lebih tepat untuk cedera ini.
  • Teknik bedah untuk perbaikan ruptur bervariasi tetapi biasanya melibatkan pendekatan ulang dari ujung tendon Achilles yang robek, kadang-kadang diperkuat oleh aponeurosis gastrocsoleus atau tendon plantaris. Rekonstruksi terbuka dilakukan dengan menggunakan pendekatan longitudinal medial.
  • Studi menunjukkan bahwa pasien yang menjalani perbaikan ruptur tendon Achilles perkutan, bukan terbuka, memiliki tingkat infeksi yang minimal tetapi tingkat jebakan saraf sural yang tinggi (16,7% dari kasus yang diobati).

Achilles tendinosis dan paratenonitis

Penatalaksanaan konservatif Achilles tendinosis dan paratenonitis adalah sebagai berikut  :

• Terapi fisik: Latihan eksentrik adalah landasan pengobatan penguatan, dengan sebagian besar pasien mencapai 60-90% pereda nyeri
  • Orthotic: Terapi orthotic pada tendinosis Achilles terdiri dari penggunaan pengangkatan tumit
  • Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID): Tendinosis cenderung kurang responsif dibandingkan paratenonitis terhadap NSAID
  • Suntikan steroid: Meskipun ini memberikan bantuan jangka pendek dari gejala nyeri, ada kekhawatiran bahwa mereka dapat melemahkan tendon, yang menyebabkan pecahnya
  • Sklerosis pembuluh darah
  • Injeksi plasma kaya trombosit
  • Oksida nitrat
  • Terapi gelombang kejut
  • Pembedahan juga dapat digunakan dalam pengobatan tendinosis Achilles dan paratenonitis. Pada paratenonitis, adhesi fibrotik dan nodul dieksisi, membebaskan tendon. Tenotomi longitudinal dapat dilakukan untuk dekompresi tendon. Hasil yang memuaskan telah diperoleh pada 75-100% kasus.
  • Pada tendinosis, selain prosedur di atas, bagian tendon yang mengalami degenerasi dan semua osteofit dieksisi. Deformitas Haglund, jika ada, dihilangkan. Jika tendon yang tersisa terlalu tipis dan lemah, tendon plantaris atau fleksor hallucis longus dapat dianyam melalui tendon Achilles untuk memberikan kekuatan lebih. Hasilnya umumnya kurang menguntungkan daripada di operasi paratenonitis.

• Albers D, Hoke B. Techniques in Achilles tendon rehabilitation. Tech Foot Ankle Surg. 2003. 2(3):208-19.
  • Asplund CA, Best TM. Achilles tendon disorders. BMJ. 2013 Mar 12. 346:f1262.
  • Lopez RG, Jung HG. Achilles tendinosis: treatment options. Clin Orthop Surg. 2015 Mar. 7 (1):1-7.
  • Nilsson-Helander K, Silbernagel KG, Thomeé R, Faxén E, Olsson N, Eriksson BI, et al. Acute achilles tendon rupture: a randomized, controlled study comparing surgical and nonsurgical treatments using validated outcome measures. Am J Sports Med. 2010 Nov. 38(11):2186-93.
  • Khan RJ, Fick D, Keogh A, Crawford J, Brammar T, Parker M. Treatment of acute achilles tendon ruptures. A meta-analysis of randomized, controlled trials. J Bone Joint Surg Am. 2005 Oct. 87(10):2202-10.
  • Childress MA, Beutler A. Management of chronic tendon injuries. Am Fam Physician. 2013 Apr 1. 87(7):486-90
  • Wiegerinck JI, Kerkhoffs GM, van Sterkenburg MN, Sierevelt IN, van Dijk CN. Treatment for insertional Achilles tendinopathy: a systematic review. Knee Surg Sports Traumatol Arthrosc. 2013 Jun. 21(6):1345-55