August 10, 2022

Perbedaan Nyeri Tendinopati dan Tendinitis

Nyeri Tendinopati dan Tendinitis

Tendinopati bisa sangat menyakitkan, beberapa hal dapat membantu mengatasi rasa sakit. Bagi banyak orang, kombinasi perawatan di rumah dan terapi fisik memberikan kelegaan. Tetapi jika gejala Anda tidak menunjukkan tanda-tanda perbaikan, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan operasi perbaikan tendon.

Tendon adalah jaringan kuat seperti tali yang mengandung protein kolagen. Mereka menghubungkan otot Anda ke tulang Anda. Tendinopati, juga disebut tendinosis, mengacu pada kerusakan kolagen pada tendon. Ini menyebabkan rasa sakit yang membakar selain mengurangi fleksibilitas dan rentang gerak

Sementara tendinopati dapat memengaruhi tendon apa pun, ini lebih sering terjadi pada:

• Tendon Achilles
  • tendon manset rotator
  • tendon patela
  • tendon hamstring

Perbedaan antara tendinopati dan tendinitis

• Beberapa orang menggunakan istilah tendinopati dan tendonitis secara bergantian. Meskipun keduanya memiliki gejala yang hampir sama, keduanya adalah kondisi yang berbeda.
  • Tendinopati adalah degenerasi protein kolagen yang membentuk tendon. Tendonitis, di sisi lain, hanyalah peradangan pada tendon.
  • Meskipun Anda mungkin lebih akrab dengan tendonitis, para ahli percaya bahwa tendinopati sebenarnya lebih umum. Hanya saja tidak dikenali dan didiagnosis sesering tendonitis.

Penyebab tendinopati

• Tendinopati dan tendonitis sering disebabkan oleh penggunaan berlebihan atau tekanan mendadak pada tendon. Penuaan dan kurangnya tonus otot juga dapat berperan dalam perkembangan tendinopati.
  • Dokter sebelumnya berpikir bahwa tendinopati adalah hasil akhir dari tendonitis. Tetapi setelah melihat sampel tendon yang terluka di bawah mikroskop, banyak yang sekarang percaya sebaliknya – tendonitis adalah hasil akhir dari tendinopati.
  • Pemahaman yang relatif baru tentang penyebab yang mendasari dan perkembangan tendinopati telah menghasilkan perubahan pada pendekatan pengobatan umum.
BACA SELENGKAPNYA :  Penanganan Terkini Plantar Fasciitis atau Nyeri Tumit

Terapi

Dokter sering menyarankan orang untuk menggunakan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang dijual bebas, seperti ibuprofen (Advil) untuk tendinopati. Ingat, mereka dulu berpikir peradangan tendon memainkan peran besar dalam perkembangan tendinopati.

Antiinflamasi lain yang digunakan untuk mengobati tendinopati meliputi:

• diklofenak (Voltaren, Zipsor), NSAID yang hanya diresepkan
  • suntikan kortikosteroid, seperti triamcinolone acetonide (Volon A)
  • Tetapi beberapa dokter mulai mempertanyakan pendekatan pengobatan ini, karena sekarang mereka lebih memahami hubungan antara peradangan dan tendinopati.
  • Ada juga semakin banyak bukti bahwa NSAID sebenarnya dapat memperlambat proses pemulihan.
  • Misalnya, sebuah studi 2013 menemukan bahwa suntikan diklofenak dan kortikosteroid sebenarnya memperlambat laju pertumbuhan sel tendon baru pada tikus. Sebuah studi yang lebih tua dari tahun 2004 menemukan bahwa ibuprofen memiliki efek yang sama pada sel tendon Achilles pada tikus.

Penanganan

• Sementara NSAID dan kortikosteroid tidak banyak digunakan untuk mengobati tendinopati, ada banyak pilihan lain. Kebanyakan orang menemukan bahwa kombinasi perawatan di rumah dan terapi fisik bekerja paling baik. Tetapi jika Anda memiliki kasus yang lebih parah, Anda mungkin memerlukan pembedahan.

Perawatan di rumah

• Mengobati tendinopati biasanya dimulai dengan memberikan banyak istirahat pada area yang cedera. Tetapi penting untuk tetap aktif ringan untuk menjaga kekuatan dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Jika tendon Achilles  terpengaruh, misalnya, pertimbangkan untuk memilih aktivitas berdampak rendah, seperti berenang.
  • Jika Anda tidak dapat menghindari tekanan berulang pada area tersebut karena persyaratan pekerjaan Anda, cobalah untuk mengambil gambar selama 1 menit istirahat untuk setiap 15 menit bekerja, atau 5 menit istirahat untuk setiap 20 hingga 30 menit.

Anda juga dapat mencoba metode RICE, yang seringkali sangat efektif untuk cedera tendon:

• Istirahat. Cobalah untuk menjauh dari bagian tubuh yang terkena sebanyak yang Anda bisa.
  • Es. Bungkus kompres es dengan handuk tipis dan tempelkan di area yang terkena selama 20 menit. Anda dapat melakukan ini hingga delapan kali sehari.
    Kompres. Bungkus area tersebut dengan perban elastis, pastikan tidak terlalu kencang.
  • Mengangkat. Jaga agar area yang terkena tetap terangkat di atas bantal atau perangkat lain. Ini dapat membantu mengurangi pembengkakan.

Terapi fisik

• Terapis fisik juga dapat membantu Anda membangun kembali kekuatan dan merangsang penyembuhan tendon melalui latihan ringan. Dokter Anda dapat memberi Anda rujukan ke ahli terapi fisik yang berkualifikasi.
  • Ada beberapa teknik yang mungkin digunakan ahli terapi fisik untuk mengobati tendinopati, tetapi dua yang umum meliputi:
  • pijat gesekan melintang dalam, sejenis pijat jaringan ikat yang dapat membantu merangsang aktivitas sel dan menghasilkan serat kolagen baru
    latihan eksentrik, yang memaksa otot memanjang saat berkontraksi, bukannya memendek
BACA SELENGKAPNYA :  Penanganan Nyeri Cedera Tendon Achilles

Pembedahan

• Jika Anda memiliki tendinopati parah yang tidak merespon pengobatan lain, dokter Anda mungkin merekomendasikan operasi perbaikan tendon. Mereka mungkin akan merekomendasikan melakukan beberapa terapi fisik selama proses pemulihan, yang bisa memakan waktu hingga 12 minggu.
  • Jika Anda memerlukan bantuan untuk menemukan dokter perawatan primer atau terapis fisik, dapat menelusuri dokter di daerah Anda melalui alat Healthline FindCare.
  • Pelajari lebih lanjut tentang operasi perbaikan tendon, termasuk cara melakukannya dan potensi risikonya.