September 24, 2022

KONSULTASI NYERI: Dok, Bagaimana mengurangi gangguan nyeri pada punggung bawah saya yang tak kunjung membaik ?

Dok, saya telah mengalami nyeri punggung bawah sudah sejak 6 bulan ini hilang timbul munculnya. Nyeri saat mengangkat dan/atau memutar sambil memegang benda berat. Saya pernah mengalami kesecelakaan sepeda motor tapi ringan hanya menimbulkan lecet dan punggung saya saat itu terasa nyeri.

• Tampaknya anda mengalami Nyeri punggung bawah mekanik (LBP) umumnya hasil dari peristiwa traumatis akut, tetapi juga dapat disebabkan oleh trauma kumulatif.  Tingkat keparahan peristiwa traumatis akut sangat bervariasi, dari terpelintir hingga terlibat dalam tabrakan kendaraan bermotor. LBP mekanik akibat trauma kumulatif cenderung lebih sering terjadi di tempat kerja. LBP mekanis tetap menjadi alasan terkait gejala kedua yang paling umum untuk menemui dokter di Amerika Serikat. Sebagian besar orang mengalami  episode LBP mekanis di beberapa titik selama hidup mereka. Untungnya, LBP menyelesaikan sebagian besar dalam waktu 2-4 minggu.
  • Dokter Ahli Rehabilitasi medis merupakan salah satu jenis dokter spesialis medis yang dapat mengevaluasi, mendiagnosis, mengobati, dan mengelola LBP dengan menggunakan prosedur dan intervensi medis dan non-bedah. Ahli fisioterapi mungkin memiliki pemahaman fungsional terbaik dari semua spesialis dalam pengobatan dan pengelolaan LBP mekanik.
  • Chiropractor sering lebih disukai daripada internis dan ahli bedah ortopedi berdasarkan pendekatan “sentuhan tinggi” mereka terhadap pengobatan. Ahli bedah ortopedi ditemukan kurang membatasi aktivitas dibandingkan dengan praktisi keluarga.
  • Terapi obat hanya untuk mengurangi keluhan sesaat untuk menghilangkan nyeri punggung bawah (LBP) termasuk asetaminofen, obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), analgesik topikal, relaksan otot, opioid, kortikosteroid, antidepresan, dan antikonvulsan.
    • Acetaminophen tetap menjadi salah satu pengobatan lini pertama terbaik dari LBP akut. Hal ini umumnya ditoleransi dengan baik, memiliki sedikit efek samping atau reaksi obat dengan obat lain, dan tidak mahal. Acetaminophen sama efektifnya dengan aspirin; namun, overdosis dapat mengakibatkan cedera hati yang fatal. Dosis maksimum yang disarankan adalah 4 g/hari.
    • NSAID adalah obat analgesik yang paling sering diresepkan untuk LBP mekanik di seluruh dunia. Sebuah tinjauan dari Cochrane Controlled Trials Registry menemukan 51 uji coba kontrol acak (melibatkan 6057 pasien) membandingkan NSAID yang berbeda untuk pengobatan LBP mekanik akut. [40] NSAID ditemukan efektif untuk menghilangkan gejala jangka pendek. Tidak ada tipe spesifik yang terbukti jelas lebih efektif daripada yang lain. Bukti yang tidak cukup ditemukan untuk kontrol analgesik yang efektif pada LBP kronis. NSAID ditambah dengan relaksan otot adalah resep medis standar untuk LBP dalam pengaturan perawatan primer. Agen ini harus diresepkan secara terjadwal, bukan sesuai kebutuhan, untuk analgesia yang optimal. Pasien dengan kombinasi NSAID dan relaksan otot melaporkan pengurangan gejala pada 1 minggu, yang lebih sedikit dibandingkan dengan salah satu obat saja. Kombinasi optimal NSAID dan relaksan otot masih harus ditentukan.
    • Patch lidokain topikal (Lidoderm 5% patch) telah memberikan pengurangan intensitas nyeri dan nyeri dalam uji klinis pasien dengan nyeri akut.
    • Obat-obatan opioid adalah andalan untuk pengobatan jangka pendek dari rasa sakit yang parah. Peran mereka dalam perawatan jangka panjang pasien dengan LBP mekanik adalah subjek penyelidikan intensif. Opioid transdermal (fentanil) telah terbukti lebih baik dibandingkan dengan opioid kerja lama oral. Kekhawatiran tentang pengalihan dan penyalahgunaan obat terus mengaburkan manfaat penggunaan opioid jangka panjang untuk LBP.
    • Kortikosteroid mungkin berperan dalam pengobatan LBP mekanis dengan gambaran radikulopati akut berupa nyeri yang menjalar ke satu atau kedua kaki.
    • Antidepresan dianggap efektif bila komponen depresi menyertai LBP mekanis. Antidepresan dapat berkontribusi untuk meningkatkan gangguan tidur yang sering disebut pasien sebagai bagian dari kumpulan gejala yang dihasilkan dari LBP.
    • Mekanisme dasar antikonvulsan adalah menstabilkan membran saraf. Konsep ini telah digunakan untuk mendukung penggunaan antikonvulsan untuk analgesia tambahan yang diduga berasal dari penyebab neuropatik.
    • Toksin botulinum tipe A telah diteliti untuk menghilangkan rasa sakit dalam beberapa penelitian kecil. Toksin untuk sementara melumpuhkan otot-otot lumbal, yang dapat menyebabkan kejang yang berkontribusi pada pembentukan LBP.
    • Klinisi telah menemukan bahwa opioid oral kerja lama dapat dirotasi secara berkala (misalnya setiap 6-12 bulan) untuk mempertahankan efektivitas. Struktur molekul senyawa ini mungkin cukup berbeda dengan reseptor opioid untuk melawan pengaruh penurunan dan penurunan regulasi reseptor terhadap paparan opioid kronis.
    • Perusahaan farmasi sedang menjajaki berbagai kombinasi NSAID/opioid, formulasi extended-release, dan pemberian obat (misalnya topikal, mukosa) dalam upaya mencapai pengendalian nyeri yang aman dan efektif.
  • Program Rehabilitasi Program pengobatan untuk nyeri punggung bawah mekanik (LBP) harus memiliki tujuan fungsional tertentu dan dapat diuraikan dalam 6 langkah berikut:
    1. Kontrol nyeri dan proses inflamasi – Perawatan nyeri harus dimulai sejak dini dan efisien untuk mendapatkan kontrol. Es, stimulasi saraf listrik transkutan (TENS), dan istirahat relatif dapat membantu mengendalikan rasa sakit dan proses inflamasi. Namun, tirah baring yang berlebihan dapat merugikan dengan menyebabkan gerakan segmen lumbal, kehilangan kekuatan otot, dan penurunan kondisi umum dengan menumpulkan motivasi.
    2. Pemulihan ROM sendi dan ekstensibilitas jaringan lunak – Latihan ekstensi dapat mengurangi ketegangan saraf. Latihan fleksi mengurangi tekanan beban artikular pada sendi facet dan meregangkan fasia dorsolumbar. Penggunaan terapi ultrasound dapat meningkatkan ekstensibilitas kolagen.
    3. Peningkatan kekuatan dan daya tahan otot – Latihan olahraga dapat dimulai setelah pasien berhasil melewati fase kontrol nyeri. Kuncinya adalah untuk mencapai kontrol musculoligamentous yang memadai dari kekuatan tulang belakang lumbar untuk meminimalkan risiko cedera berulang pada diskus intervertebralis, sendi facet, dan struktur sekitarnya. Mulailah dengan isometrik, kemudian lanjutkan ke latihan isotonik dengan upaya yang diarahkan pada penguatan konsentris.
    4. Pelatihan ulang koordinasi – Latihan dinamis dalam program pelatihan terstruktur memaksimalkan aktivitas kelompok otot terkoordinasi yang mengarah pada kontrol postural dan perpaduan kontrol otot dengan stabilitas tulang belakang.
    5. Perbaikan kondisi kardiovaskular umum – Pasien didorong untuk tetap aktif dan memulai program jalan cepat, aktivitas akuatik, atau penggunaan sepeda stasioner/tangga. Kegiatan ini dapat meningkatkan kadar endorfin, meningkatkan rasa sejahtera, dan memungkinkan pasien untuk melakukan fungsi pada tingkat yang lebih tinggi sebelum merasakan nyeri.
    6. Program latihan pemeliharaan – Program rumah dikembangkan dalam toleransi dan kemampuan pasien untuk mendorong latihan lanjutan setelah keluar dari terapi fisik.
BACA SELENGKAPNYA :  KONSULTASI NYERI: Kapan saya harus khawatir bahwa sakit punggung disebabkan oleh proses yang tidak menyenangkan, seperti infeksi, tumor, atau patah tulang?

• Manfre L, Van Goethem J, Hodler J, Kubik-Huch RA, von Schulthess GK. Low Back Pain. Diseases of the Brain, Head and Neck, Spine 2020–2023: Diagnostic Imaging. 2020.
  • Institute for Clinical Systems Improvement. Adult low back pain. Bloomington, Minn: Institute for Clinical Systems Improvement;. Sept 2005.
  • National Guideline Clearinghouse. Listing of Guidelines for Low Back Pain. Accessed December 29, 2005. Available at: http://www.guidelines.gov.
  • Philadelphia Panel evidence-based clinical practice guidelines on selected rehabilitation interventions for low back pain. Phys Ther. 2001 Oct. 81(10):1641-74.
  • Bigos SJ, Boyer OR, Braen GR. Acute Low Back Problems in Adults. Clinical Practice Guideline, Quick Reference Guide Number 14. Public Health Agency, Agency for Health Care Policy and Research. Rockville, Md:. Department of Health and Human Services. 1994.