December 2, 2022

REVIEW PRODUK OBAT NYERI: Benzokain, Antinyeri Anestetik Lokal Paling Sering Digunakan

Benzokain, Antinyeri Anestetik Lokal Paling Sering Digunakan

Benzokain digunakan jangka pendek untuk menghilangkan rasa sakit dari masalah mulut ringan (seperti sakit gigi, sariawan, sakit gusi/tenggorokan, luka mulut/gusi). Ini adalah anestesi lokal yang bekerja dengan mematikan area yang menyakitkan. Jangan gunakan produk ini untuk anak di bawah 2 tahun karena risiko efek samping yang serius. Tanyakan kepada dokter Anda untuk lebih jelasnya.

Benzocaine dijual secara bebas sebagai anestetik lokal. Manfaat utama obat ini adalah untuk mengurangi rasa nyeri dari tusukan jarum medis. Selain itu, benzocaine juga tersedia dalam bentuk sediaan obat kumur, gel, salep, dan bubuk. Fungsi lain dari benzocaine yaitu untuk mengurangi rasa sakit pada kondisi iritasi kulit ringan, radang tenggorokan, luka bakar kulit, sakit gigi, iritasi vagina atau rektum, serta pertumbuhan kuku ke dalam.

Benzocaine adalah obat anestesi lokal topikal, yaitu obat yang menciptakan sensasi mati rasa. Obat ini bekerja dengan cara memblokir sinyal saraf di tubuh. Obat ini tersedia tidak hanya diaplikasikan pada kulit luar, tapi juga diaplikasikan pada permukaan dalam mulut, hidung, tenggorokan, vagina, dan anus. Benzocaine adalah obat anestesi lokal (obat bius lokal) yang biasanya digunakan untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri akibat iritasi kulit, iritasi vagina, iritasi rektal, wasir, sakit tenggorokan, dan reaksi nyeri ringan lainnya di tubuh. Benzocaine hadir dalam berbagai bentuk seperti obat topikal, obat oles, tetes telinga, tablet hisap, obat semprot, dan supositoria.

Merek Dagang Benzocaine Benzocaine adalah jenis obat generik. Obat dengan kandungan yang sama dipasarkan dalam beberapa merek dagang, termasuk: Borraginol-N Borraginol-S Otolin Superhoid Americaine Anacaine Anbesol Gel Benzodent Cepacol Ultra Dent-O-Kain Dermoplast Kank-a Lanacane Medicone Maximum Strength Numzident Num-Zit Orabase Orajel Outgro Pain Relief Retre-Gel Solarcaine Aerosol Topex

Bagaimana cara menggunakan Gel Analgesik?

• Ikuti semua petunjuk pada paket produk. Jika dokter Anda telah meresepkan obat ini, gunakan sesuai petunjuk. Jika Anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker Anda.
  • Jangan gunakan obat ini lebih dari 4 kali sehari kecuali diarahkan oleh dokter Anda. Biarkan obat tetap berada di area yang nyeri setidaknya selama 1 menit sebelum meludahkan atau membilas mulut.
  • Jangan gunakan obat ini dalam jumlah besar atau gunakan lebih sering daripada yang diarahkan karena risiko efek samping yang serius (termasuk methemoglobinemia yang jarang fatal) akan meningkat.
  • Hindari mendapatkan obat ini di mata.
  • Hentikan penggunaan obat ini dan beri tahu dokter Anda jika sakit tenggorokan Anda parah atau jika berlangsung lebih dari 2 hari, atau jika gejala sakit mulut Anda berlangsung lebih dari 7 hari, atau jika Anda demam, sakit kepala, ruam, bengkak, mual , atau muntah. Anda mungkin memiliki masalah medis serius yang mungkin memerlukan perawatan berbeda. Jika kondisi Anda berlanjut atau memburuk, atau jika Anda merasa memiliki masalah medis yang serius, segera dapatkan bantuan medis.
BACA SELENGKAPNYA :  Obat Anti Nyeri Setelah Operasi Bedah

Efek samping

• Sedikit terbakar, kesemutan, atau menyengat dapat terjadi. Jika salah satu dari efek ini bertahan atau memburuk, beri tahu dokter atau apoteker Anda segera.
  • Jika dokter Anda telah mengarahkan Anda untuk menggunakan obat ini, ingatlah bahwa dokter Anda telah menilai bahwa manfaatnya bagi Anda lebih besar daripada risiko efek sampingnya. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.
  • Obat ini jarang menyebabkan kelainan darah yang sangat serius (mungkin fatal) (methemoglobinemia). Efek ini lebih mungkin terjadi jika Anda memiliki masalah pernapasan, penyakit darah tertentu, atau jika Anda merokok (lihat juga bagian Kewaspadaan). Gejala gangguan ini dapat terjadi dalam beberapa menit hingga beberapa jam setelah menggunakan obat ini. Hentikan penggunaan obat ini dan segera dapatkan bantuan medis jika Anda mengalami gejala methemoglobinemia, termasuk: kulit pucat/kebiruan/abu-abu, kelelahan yang tidak biasa, sesak napas, detak jantung cepat, pusing, sakit kepala, kebingungan.
  • Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, segera dapatkan bantuan medis jika Anda melihat gejala reaksi alergi yang serius, termasuk: ruam, gatal/bengkak (terutama pada wajah/lidah/tenggorokan), pusing parah, kesulitan bernapas.
  • Ini bukan daftar lengkap kemungkinan efek samping. Jika Anda melihat efek lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter atau apoteker Anda.

Kontraindikasi

• Benzocaine dikontraindikasikan pada pasien yang memiliki reaksi alergi berat dari anestetik lokal berbahan dasar ester. Selain itu, pemberian benzocaine juga sebaiknya dihindari pada individu yang memiliki gangguan ritme jantung (aritmia), riwayat gangguan methemoglobinemia, defisiensi G6PD, dan pasien dengan penurunan fungsi paru.  Beberapa laporan menyatakan pasien dengan penyakit paru obstruksi kronik (PPOK) dan penyakit arteri koroner (pembuluh darah jantung) memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami gangguan methemoglobinemia.
BACA SELENGKAPNYA :  Nyeri dan Penanganan Nyeri Secara Umum

Efek Samping

Secara umum, penggunaan benzocaine sebagai anestetik tergolong aman dan memiliki risiko yang rendah apabila diberikan secara topikal.

Salah satu efek samping yang perlu diperhatikan ialah risiko untuk mengalami methemoglobinemia. Kondisi ini dapat menyebabkan penurunan kemampuan darah untuk mengikat oksigen di dalam pembuluh darah sehingga dapat menyebabkan tubuh mengalami penurunan suplai oksigen.

Anda harus segera menghubungi tenaga medis apabila Anda mengalami salah satu dari kegawatdaruratan dari efek samping benzocaine sebagai berikut:

• Sakit kepala, pusing, dan lelah

• Peningkatan detak jantung

• Kesulitan bernapas

• Pucat, kebiruan, atau tampak abu-abu pada kulit, bibir, atau kuku

• Reaksi alergi: ruam, sulit bernapas, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hentikan penggunakan benzocaine topikal dan segera hubungi dokter apabila Anda mengalami:

• Rasa panas dan nyeri yang hebat;

• Pembengkakan, kemerahan, dan hangat; dan/atau

• Ruam, muncul blister (seperti cacar), atau tanda infeksi pada daerah yang diberikan benzocaine.

PAERHATIAN

• Sebelum menggunakan benzokain, beri tahu dokter atau apoteker Anda jika Anda alergi terhadapnya; atau anestesi “kain” lainnya (seperti prokain) atau jika Anda memiliki alergi lain. Produk ini mungkin mengandung bahan yang tidak aktif, yang dapat menyebabkan reaksi alergi atau masalah lain. Bicaralah dengan apoteker Anda untuk lebih jelasnya.
  • Jika Anda memiliki masalah kesehatan berikut, konsultasikan dengan dokter atau apoteker Anda sebelum menggunakan produk ini: penyakit jantung, kelainan darah tertentu (defisiensi G6PD, defisiensi piruvat kinase, penyakit hemoglobin-M, defisiensi NADH-methemoglobin reductase), masalah pernapasan (seperti seperti asma, bronkitis, emfisema, riwayat merokok).
  • Sebelum menjalani operasi, beri tahu dokter atau dokter gigi Anda tentang semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat nonresep, dan produk herbal).
  • Selama kehamilan, produk ini harus digunakan hanya jika benar-benar dibutuhkan. Diskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter Anda.
  • Tidak diketahui apakah produk ini masuk ke dalam ASI. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menyusui.
BACA SELENGKAPNYA :  Terapi Medis Obat Terkini Artritis Gout atau Pirai

Interaksi

• Interaksi obat dapat mengubah cara kerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Dokumen ini tidak berisi semua kemungkinan interaksi obat. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep/nonresep dan produk herbal) dan bagikan dengan dokter dan apoteker Anda. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat apa pun tanpa persetujuan dokter Anda.

Overdosis

• Jika seseorang mengalami overdosis dan memiliki gejala serius seperti pingsan atau kesulitan bernapas, hubungi 911. Jika tidak, segera hubungi pusat kendali racun. Penduduk AS dapat menghubungi pusat kendali racun lokal mereka di 1-800-222-1222. Penduduk Kanada dapat menghubungi pusat kendali racun provinsi. Gejala overdosis mungkin termasuk: pernapasan lambat/dangkal, kejang, detak jantung tidak teratur.

Catatan

• Simpan semua janji medis, gigi, dan laboratorium secara teratur.

Penyimpanan

• Simpan pada suhu kamar jauh dari cahaya dan kelembaban. Jangan simpan di kamar mandi. Jauhkan obat dari anak anak dan hewan peliharaan.
  • Jangan membuang obat ke toilet atau menuangkannya ke saluran pembuangan kecuali diinstruksikan untuk melakukannya. Buang produk ini dengan benar ketika sudah kadaluwarsa atau tidak lagi diperlukan. Konsultasikan dengan apoteker atau perusahaan pembuangan limbah setempat.